Sukses

2 Pasangan Bakal Calon Wali Kota Surabaya Jalur Perseorangan Beri Dokumen Dukungan

KPU Surabaya jadwalkan penyerahan dokumen dukungan pasangan bakal calon perseorangan mulai 19-23 Februari 2020 dalam rangka Pilkada Surabaya 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Dua pasangan bakal calon Wali Kota Surabaya dari jalur perseorangan akan menyerahkan dokumen dukungan saat hari terakhir penyerahan di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur,  Sabtu, 22 Februari 2020.

"Iya sore ini sekitar pukul 15.00 WIB, kami berencana menyerahkan dokumen dukungan ke KPU Surabaya," kata Bakal Cawali Surabaya jalur perseorangan, Muh. Sholeh di Surabaya, Sabtu, seperti dikutip dari Antara.

Dia menuturkan, pasangan calon perseorangan Muhammad Sholeh-Taufiq Hidayat akan menyerahkan formulir dukungan 150 ribu lembar berupa fotocopi KTP elektronik yang sudah dimasukkan ke  Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Hal sama juga dilakukan pasangan perseorangan lainnya yakni Mohammad Yasin-Gunawan yang akan menyerahkan dokumen dukungan ke KPU Surabaya pada Sabtu siang ini.

"Kami sudah selesai memasukkan dokumen dukungan ke silon. Ada 140.900 lembar fotocopy KTP yang akan kami serahkan ke KPU Surabaya pada pukul 11.00 WIB," kata bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya jalur perseorangan, Gunawan.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya lagi mempersiapkan dokumen dukungan untuk diserahkan ke KPU Surabaya. "Sudah dimasukkan ke dalam kontainer plastik," ujar dia.

Saat ditanya kenapa pasangan calon perseorangan berganti yang sebelumnya Samuel-Gunawan menjadi M. Yasin-Gunawan, Gunawan mengatakan Samuel sendiri yang menjodohkan M. Yasin-Gunawan.

"Cak Samuel menganggap pasangan M.Yasin dianggap pasangan yang pluralis mewakili Cak Yasin berasal dari etnis Madura beragama Muslim dan saya berasal dari etnis Tionghoa-Kristen. Diferensiasi inilah yang menjadi modal dan kekuatan kami," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Penyerahan Dokumen

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Divisi Teknis dan Penyelenggara Kholid Asyadulloh  sebelumnya mengatakan pihaknya sudah menjadwalkan penyerahan dokumen dukungan pasangan bakal calon perseorangan mulai 19- 22 Februari 2020 mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Sedangkan pada 23 Februari mulai pukul 08.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Kholid menambahkan pasangan bacawali dan bacawawali dari perseorangan harus menyerahkan formulir dukungan minimal 138.565 lembar. Formulir dukungan itu harus disertai dengan fotocopy KTP elektronik dan dimasukkan ke Silon.

"Ada tiga jenis formulir dukungan yang harus dilengkapi dan kemungkinan kecil kalau terjadi data dukungan dobel," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.