Sukses

PPP, PAN, dan PKS Bentuk Poros Baru di Pilkada Bantul 2020

Ketua DPC PPP Bantul Hasyim Turmudzi mengaku akan segera mendeklarasikan koalisi yang berdasarkan perolehan kursi di DPRD Bantul.

Jakarta Wacana untuk memunculkan poros baru atau pasangan ketiga pada Pilkada Bantul 2020 terus menggelinding. Wacana ini awalnya dimunculkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN). 

Saat ini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sepakat mendukung wacana memunculkan calon pasangan bupati dan wakil bupati alternatif. 

Kesepakatan ini tercapai dalam pertemuan ketiga pimpinan partai politik (parpol) di sebuah warung kopi di wilayah Banguntapan, Bantul.

Dalam pertemuan yang terkesan santai ini, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Banrul Mahmud Ardi Widhanto, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKS Amir Syarifudin, dan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Hasyim Turmudzi sepakat membentuk koalisi untuk mengusung pasangan calon kepala daerah pada Pilkada Bantul 2020. 

Ketua DPC PPP Bantul Hasyim Turmudzi mengaku akan segera mendeklarasikan koalisi yang berdasarkan perolehan kursi di DPRD Bantul apabila sudah memenuhi syarat minimal untuk mengusung pasangan calon kepala daerah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merangkul Partai Kecil

Untuk memperkuat koalisi, Hasyim menyebut pihaknya akan merangkul partai-partai kecil yang memiliki wakil di DPRD Bantul. 

"Setelah deklarasi, dilanjutkan melengkapi kepengurusan koalisi," jelas politisi yang ditunjuk menjadi ketua koalisi kerakyatan saat dihubungi lewat telepon. 

Sementara itu, Ketua DPC PKS Bantul Amir Syarifudin menjelaskan, upaya untuk memberikan banyak pilihan calon kepala daerah kepada warga Bantul menjadi alasan utama munculnya wacana membentuk poros baru ini.

Namun, Amir memastikan koalisi untuk Pilkada Bantul 2020 ini masih bersifat embrio. Sehingga masih membutuhkan pertemuan yang lebih intens di antara pimpinan partai politik.

"Menentukan calon pasangan kepala daerah yang akan diusung menjadi salah satu hal yang akan dibicarakan dalam pertemuan," jelas anggota Komisi A DPRD DIY ini. 

 

Simak berita Times Indonesia lainnya di sini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.