Sukses

Gerindra Usulkan 2 Nama Ini Dampingi Machfud Arifin di Pilkada Surabaya 2020

Ketua DPC Partai Gerindra Surabaya, Sutadi memaparkan alasan adanya usulan nama Gus Hans dan Gamal Albinsaid untuk dampingi Machfud Arifin dalam Pilkada Surabaya 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerinda munculkan dua nama bakal calon wakil wali kota Surabaya untuk mendampingi bakal calon wali kota Surabaya Machfud Arifin maju di pemilihan kepala daerah (pilkada) Surabaya 2020. Dua nama itu K.H Zahrul Asumta (Gus Hans) dan Gamal Albinsaid.

“Di Gerinda muncul dua nama Gus Hans dan Gamal. Sepekan lalu sudah ketemu pak MA (Machfud Arifin) dan Gamal saling menyapa dan menjajaki,” ujar Ketua DPC Partai Gerindra Surabaya, Sutadi seperti dikutip dari Antara, Kamis (20/2/2020).

Sutadi  menuturkan alasan memilih Gus Hans dan Gamal meskipun bukan kader partai Gerindra adalah untuk kepentingan masyarakat. Tentu dua sosok milenial tersebut punya kelebihan dan kekurangan untuk ikuti pilkada Surabaya.

“Gus Hans itu representatif kelompok Nahdliyin, santri dan lain. Gamal cerdas dan mendapatkan penghargaan. Penghargaan itu bukan main-main,” tutur dia.

dr. Gamal adalah profesional pendiri CEO Indonesia Medika, yang turut aktif sebagai juru bicara Sandiaga Uno saat kontestasi Pemilu Presiden 2019. Sedangkan, Gus Hans merupakan politikus yang tercatat sebagai pengurus DPD 1 Partai Golkar Jatim dan terlibat aktif dalam tim pemenangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim dalam Pilgub Jatim 2018.

Saat ditanya siapa yang punya nilai lebih di antara dua bakal cawawali Surabaya tersebut, Sutadi dengan diplomatis mengatakan soal menimbang itu urusannya Bacawali Machfud Arifin.  Ia mengatakan, semua parpol koalisi berhak mengusulkan bakal calon wakil wali kota kepada Machmud Arifin dalam pilkada Surabaya. 

"Jadi konsepnya calon wakil wali kota itu membantu kemenangan, menambah suara dan harus memperhatikan kepentingan logistik. Tidak boleh gandol," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekomendasi Bakal Diserahkan Maret 2020

Begitu juga saat ditanya siapa di antara keduanya yang siap, khususnya soal logistik Pilkada Surabaya? Sutadi mengatakan, kedua-duanya kayaknya siap. Sutadi mengatakan, rekomendasi dari DPP Partai Gerindra akan diserahkan pada Maret 2020 bertepatan dengan konggres Partai Gerindra.

"Saat itu DPP akan menyerahkan surat rekomendasi kepada seluruh daerah yang menggelar pilkada serentak," ujar dia.

Lebih lanjut menurut Sutadi pasangan yang mendapatkan rekomendasi itu nantinya di tawarkan ke koalisi partai.

"Kalaupun nantinya koalisi partai tidak menyepakati cawawali yang diajukan Gerindra, kita legowo tidak masalah. Yang penting cawawali ini nantinya bisa membantu Pak Machfud dalam kontestasi Pilkada Surabaya," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.