Sukses

Ini Hasil Rapat Bawaslu Surabaya soal Eri Cahyadi

Bawaslu menggelar rapat pleno Bawaslu Surabaya atas keterangan Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi di Bawaslu Surabaya pada Senin, 17 Februari 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya menyatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya tidak melanggar kode etik Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan dengan melakukan deklarasi kampanye sebagai bakal cawali jelang Pilkada 2020.

"Pak Eri Cahyadi tidak terbukti melanggar," kata Ketua Bawaslu Surabaya Agil Akbar di kantor Bawaslu Surabaya, Rabu, 19 Februari 2020, seperti dikutip dari Antara.

Dia menuturkan, keputusan tersebut setelah pihaknya menggelar rapat pleno Bawaslu Surabaya atas keterangan Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi di Bawaslu Surabaya pada Senin, 17 Februari 2020.

Eri Cahyadi saat itu sempat dicecar 20 pertanyaan oleh komisioner Bawaslu Surabaya atas dugaan pelanggaran kode etik ASN berupa adanya deklarasi sejumlah warga yang mendukung Eri Cahyadi maju sebagai bakal cawali di Pilkada Surabaya 2020.  

Selain itu munculnya spanduk dan selebaran dukungan terhadap Eri Cahyadi di sejumlah perkampungan di Surabaya. Bawaslu Surabaya mengumumkan hasil rapat pleno atas jawaban Eri Cahyadi dengan dinyatakan tidak terbukti melanggar karena dalam hal ini yang bersangkutan tidak terdaftar maupun mendaftarkan diri ke sejumlah partai politik untuk maju sebagai bakal cawali maupun cawawali di Pilkada Surabaya.

Disinggung soal ada selebaran dan spanduk berupa dukungan terhadap Eri Cahyadi, Agil menegaskan itu menjadi wewenang Pemkot Surabaya untuk menertibkan spanduk berupa dukungan. "Jadi tidak hanya terhadap ASN namun juga TNI/Polri yang mencalonkan," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Kepala Bappeko

Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan terkait ada deklarasi, terpasangnya spanduk dan tersebarnya selebaran terkait dirinya sudah dijelaskan ke Bawaslu Surabaya.

"Bahwa kami tidak pernah tahu. Berkali-kali saja jelaskan saya tidak daftar ke partai manapun," kata Eri.

Menurut dia, sampai saat ini dirinya fokus pada pekerjaannya sebagai Kepala Bappeko di Pemkot Surabaya untuk menjalankan program-program yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat. 

"Alhamdulilah sudah saya sampaikan ke bawaslu. Setiap ada kegiatan ke depannya, kami bisa mengundang bawaslu hadir. Biar tidak multitafsir," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.