Sukses

Deretan Kaum Milenial yang Unjuk Gigi di Pilkada 2020

Kalangan muda yang terlihat keseriusannya maju pilkada di antaranya Gibran Rakabuming Raka di Solo, Hanindhito Himawan Pramana di Kediri, dan Bobby Nasution di Medan.

Jakarta - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin memprediksi, Pilkada 2020 bakal banyak diikuti kalangan milenial. Karena itu, partai politik diharapkan dapat membuka kesempatan bagi mereka yang hendak maju dalam kontestasi politik di daerah itu. 

"Partai politik harus mendorong mereka-mereka dari kaum muda untuk maju dan memenangkan pilkada di daerah masing-masing. Generasi muda pasti bisa bersaing, bahkan dipercaya rakyat. Asalkan, memiliki strategi yang jitu untuk meraih simpati rakyat tersebut," ujar Ujang Komarudin, Kamis (13/2/2020).

Kalangan muda yang terlihat keseriusannya maju pilkada di antaranya Gibran Rakabuming Raka di Solo, Hanindhito Himawan Pramana di Kediri, Bobby Nasution di Medan, Rian Ernest (jalur independen) di Batam, dan Eko Wahyudi di Tuban.

Publik berharap ide-ide segar, inovatif serta kreatif dari sosok anak-anak muda yang dapat memajukan daerah masing-masing.

"Pilkada Serentak 2020 menjadi ajang generasi muda untuk maju sebagai pemimpin daerah. Kesempatan dan peluang bagi kaum milenial untuk tampil dan berperan di kancah politik. Sekarang ini memang era baru di mana kaum milenial akan banyak terjun di politik nasional maupun lokal," ungkap Ujang.

Sementara itu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan bahwa partai berlambang kepala banteng moncong putih selalu membuka diri terhadap anak-anak muda Indonesia yang hendak maju di pemilihan kepala daerah. Apalagi, banyak pemimpin muda dari PDI Perjuangan yang berhasil.

"Ibu Megawati dalam pengarahannya (saat Rakernas PDI Perjuangan) juga menegaskan, partai membuka diri terhadap anak muda Indonesia untuk bersama dengan partai," ucap Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto seraya menerangkan PDIP bakal mengumumkan 44 calon kepala daerah pada waktu yang tepat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Demokrat untuk Gibran Rakabuming

Hal senada juga disampaikan Sekjen Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan.

"Kami sekarang memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi yang siap jadi pemimpin. Termasuk mereka yang muda. Proses itu sedang berjalan. Kami sudah punya pengalaman, misalnya, bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Abdul Hafur Ma'sud," kata Hinca. 

Abdul merupakan ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan, Kaltim yang menang pilkada dengan usia muda yaitu 31 tahun. Dia mampu melawan para kompetitornya yang sarat pengalaman dan berumur lebih tua. 

Dalam menghadapi Pilkada Serentak 2020, Partai Demokrat juga ikut mendukung Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wali kota Solo. Meski partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini tidak mempunyai kursi di DPRD Solo.

Sementara itu, Gibran mengaku dirinya telah menyiapkan strategi demi memenangkan Pilkada Solo. Meski masih merahasiakannya, Gibran hanya menekankan perlunya blusukan. 

"Pokoknya selalu turun ke masyarakat. Blusukan ke gang-gang kecil mendengarkan keluhan warga, itu saja," ungkap Gibran di Solo, Selasa, 11 Februari 2020. 

 

Ikuti berita TIMES Indonesia lainnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.