Sukses

Syarat PDIP untuk Calon Wali Kota di Pilkada Solo

Menurut Puan, mekanisme yang dilakukan oleh seluruh calon sudah sesuai dengan PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga bakal calon Wali Kota Solo dan Wakil Wali Kota, Achmad Purnomo, Teguh Prakosa dan Gibran Rakabuming Raka, telah melakukan fit and proper test di kantor DPP PDIP, Jakarta.

Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan, yang juga salah satu panelis fit and proper test, Puan Maharani mengatakan, semuanya telah menyampaikan program.

"Program yang disampaikan tadi intinya adalah kemudian bagaimana Solo itu bisa menjadi kota yang lebih baik, berkebudayaan kemudian menjaga saling toleransi, kemudian membuka diri. Yang paling penting adalah berkomunikasi diantara warga dan tokoh-tokoh yang ada di Solo," kata Puan di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Menurut dia, mekanisme yang dilakukan oleh seluruh calon sudah sesuai dengan PDIP.

"Jadi mekanisme ini sudah dijalankan, tahapan, dan kemudian kalau kemungkinan keluar rekomendasi, itu artinya kami PDIP merasa bahwa mekanisme itu sudah dijalani," jelas Ketua DPR RI ini.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen

Dia pun menuturkan, tak perlu mempertanyakan komitmen calon untuk setia berada di Solo, jika terpilih nanti.

"Ya itu kan bukan ditanya, itu kan kewajiban secara moral dari calon-calon yang nantinya bisa menang, kalau mendapatkan rekomendasi atau kalau nanti terpilih dan dipilih oleh rakyatnya," ungkap Puan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.