Sukses

KPU Papua Petakan Daerah yang Gunakan Sistem Noken di Pilkada 2020

KPU Papua masih melakukan pemetaan terhadap penggunaan sistem noken dalam Pilkada 2020.

Liputan6.com, Jakarta KPU Papua masih melakukan pemetaan terhadap penggunaan sistem noken dalam Pilkada 2020.

Pemetaan dilakukan melalui 11 KPU yang akan melaksanakan pilkada di daerahnya guna memastikan kabupaten mana yang masih menggunakan sistem noken. Hal ini dikatakan Ketua KPU Papua Theodorus Kossay kepada Antara di Jayapura.

Kossay mengatakan, tahap awal pihaknya baru memastikan menggunakan sistem noken di Kabupaten Yahukimo.

"Kabupaten Yahukimo memiliki 51 distrik dan sebagian besar menggunakan sistem noken," kata Kossay seperti dikutip dari Antara, Kamis (6/2/2020).

Sementara hanya satu distrik yang menggunakan sistem one man one vote.

"KPU Papua masih terus melakukan berapa banyak kabupaten yang menggunakan sistem noken," jelas Kossay.

Theodorus Kossay mengatakan, 11 kabupaten yang akan melaksanakan pilkada 2020 adalah Kabupaten Keerom, Pegunungan Bintang, Merauke, Yahukimo, Yalimo, Boven Digul, Asmat, Waropen, Supiori, Nabire dan Kabupaten Mamberamo Raya.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Pilkada

Ketika ditanya tentang besarnya anggaran untuk melaksanakan pilkada di 11 kabupaten, Theodorus Kossay mengaku belum bisa memastikan karena masih ada kabupaten yang merevisi anggaran untuk KPU.

Namun, kata Kossay, dari laporan yang diterima terungkap anggaran terbesar diterima KPU Yahukimo yakni Rp 75 miliar dan yang terkecil adalah Kabupaten Keerom tercatat hanya Rp 15 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.