Sukses

KPUD Sebut Papua Butuh Rp 1 Triliun untuk Selenggarakan Pilkada di 11 Kabupaten

KPUD Papua mengklaim anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkada 2020 pada 11 kabupaten di Bumi Cenderawasih hampir mencapai Rp 1 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua mengklaim anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkada 2020 pada 11 kabupaten di Bumi Cenderawasih hampir mencapai Rp 1 triliun.

Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay di Jayapura, mengatakan anggaran memang mencapai hampir Rp 1 triliun, tapi setelah dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) ada perubahan, dan hal tersebut masih dalam rasionalisasi.

"Perubahan tersebut, berdasarkan permintaan dari pemerintah kabupaten (pemkab) yang sebelumnya telah melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)," katanya seperti dikutip dari Antara.

Menurut Theodorus, namun revisi jumlah dana hibah tersebut tidak terjadi pada 11 kabupaten secara keseluruhan, hanya beberapa saja.

"11 kabupaten sudah melakukan penandatanganan NPHD, tetapi ada beberapa daerah yang melakukan rasionalisasi lagi, misalnya Waropen, Nabire dan Keerom," ujarnya.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabupaten yang Butuhkan Biaya Terbesar

Dia menjelaskan sedangkan untuk kabupaten yang membutuhkan biaya terbesar, yakni Kabupaten Yahukimo. Sebab proses pendistribusian logistik dan juga penyelenggara pilkada harus dilakukan menggunakan pesawat terbang.

"Biaya terbesar ada di Kabupaten Yahukimo, yakni sebesar Rp 70 miliar, hal tersebut dikarenakan ada 51 distrik, dan tidak ada jalan darat, semua harus melalui udara," katanya lagi.

Sekedar diketahui, ke-11 kabupaten di Papua yang menyelenggarakan pilkada serentak tahun ini adalah Kabupaten Nabire, Asmat, Keerom, Waropen, Merauke, Mamberamo Raya, Pegunungan Bintang, Boven Digoel, Yahukimo, Supiori dan Yalimo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.