Sukses

Pilkada 2020 Sidoarjo Pasti Seru, Kenapa?

Petahana sudah tidak bisa mencalonkan diri, maka kompetisi dalam Pilkada 2020 Sidoarjo akan ketat

Liputan6.com, Surabaya Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Sidoarjo diprediksi akan berlangsung kompetitif. Sebab, calon yang bermunculan merupakan pendatang baru.

“Kekuatan pemilih tradisional masih kuat, tetapi petahana sudah tidak bisa mencalonkan diri, maka kompetisi akan ketat,” ujar Surokim Abdussalam, pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (3/1/2020).

Salah satu calon yang akan maju dalam Pilkada 2020 Sidoarjo adalah Kelana Aprilianto, Ketua DPD Partai Hanura Jawa Timur. Hal ini diperkuat dengan keberadaan spanduk-spanduk yang menampikan sosok Kelana terpasang di ratusan titik. Menurut Surokim, peluang Kelana cukup kuat untuk merebut simpati warga Sidoarjo. Kelana akan memiliki tantangan untuk mendekat ke kelompok Nahdliyin yang dominan di Sidoarjo.

Meskipun demikian, Surokim menilai pengalaman Kelana di pemilihan legislatif (Pileg) dapat membantunya mengenal pemilih karena karakteristiknya tidak jauh berbeda.

Kelana Aprilianto menjadi ketua DPW Relawan Jokowi (ReJo Jatim) saat pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Ia mengaku sudah mempersiapkan sejumlah program supaya Sidoarjo semakin maju serta sejahtera.

Saat ini, Kelana sedang menjajaki dan berkomunikasi dengan partai politik lain unuk maju dalam Pilkada 2020 Kabupaten Sidoarjo. Komunikasi itu untuk mencari kesamaan visi dan misi sehingga bisa membentuk koalisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.