Sukses

Kala Anak dan Menantu Jokowi-Ma'ruf Amin Maju Pilkada 2020

Anak dan menantu Presiden Jokowi secara mengejutkan akan turut meramaikan ajang Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Anak dan menantu Presiden Jokowi secara mengejutkan turut meramaikan ajang Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Mereka adalah Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution. Gibran yang merupakan anak sulung Jokowi mendaftarkan diri untuk maju dalam Pilkada Kota Solo 2020.

Sedangkan menantu Jokowi, suami dari Kahiyang Ayu yang bernama Bobby Nasution, memantapkan diri untuk maju dalam Pemilihan Calon Wali Kota Medan pada 2020 mendatang.

Rupanya, tak hanya itu. Anak Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah juga mendaftar sebagai Calon Wali Kota Tangerang Selatan.

Untuk memuluskan langkahnya, mereka sudah mendaftarkan diri ke partai politik. Lantas, akankah nama besar sang ayah sebagai kepala negara memuluskan langkah mereka menjadi Kepala Daerah? Berikut anak presiden dan wapres yang daftar sebagai calon kepala daerah pada Pilkada 2020 mendatang:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gibran Rakabuming Raka

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka tiba-tiba menyatakan, ingin terjun ke dunia politik. Ia tertarik untuk maju dalam Pilkada Solo 2020 mendatang.

Untuk memuluskan langkahnya maju sebagai calon Wali Kota Solo, Gibran resmi menjadi kader PDIP setelah mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA).

Gibran pun menemui sejumlah tokoh PDIP, mulai dari DPC FX Hadi Rudyatmo, Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto, hingga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Gibran akan mendaftarkan diri melalui DPD PDIP  Jawa Tengah. Namun suami Selvi Ananda tersebut belum bisa memastikan kapan akan menyambangi Kantor DPD PDIP di Semarang.

"Saya akan daftar di Semarang, ini masih menunggu informasi dari DPD PDIP Jateng," ujar Gibran di The Sunan Hotel Solo, Selasa, 12 November 2019.

Untuk pendampingnya, Gibran mengaku, masih akan menunggu keputusan dari partai. Ia akan tunduk dan patuh pada keputusan partai.

"Kalau untuk pasangan, saya nunggu keputusan partai. Saya kan orang baru, jadi nunggu arahan saja, saya harus konsultasi," kata Gibran.

3 dari 4 halaman

Bobby Nasution

Tak hanya sang anak, menantu Jokowi, Bobby Afif Nasution juga akan maju sebagai calon Wali Kota Medan pada Pilkada 2020.

Hal tersebut dibuktikan dengan dirinya yang telah mengembalikan formulir pendaftaran untuk maju sebagai calon Wali Kota Medan ke DPD PDIP Sumatera Utara, Selasa, 3 Desember 2019.

Bobby berharap, mendapatkan dukungan dari partai berlambang banteng moncong putih itu pada Pilkada 2020.

"Saya kembalikan formulir pendaftarannya lengkap dengan sejumlah persyaratannya. Ini pertama kali saya mendaftar ke partai politik untuk maju sebagai calon Wali Kota Medan," kata Bobby.

Sementara itu untuk kriteria pendampingnya, Bobby berharap, dipasangkan dengan sosok yang bisa membantunya. Alasannya, dia belum punya pengalaman di bidang birokrasi.

"Karena saya bukan dari birokrat, saya baru pertama kali juga untuk maju wali kota. Tugas kerja yang selama ini saya lakukan dari bisnis, sangat berbeda dengan memimpin sebuah kota. (Calon wakil) harus bisa men-support saya, harus tahu masalah Medan," jelas Bobby.

4 dari 4 halaman

Siti Nur Azizah

Bukan hanya putra dan menantu Presiden Jokowi yang mengikuti Pilkada 2020. Putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah juga mendaftar sebagai Calon Wali Kota Tangerang Selatan.

Siti Nur Azizah sudah mendaftar ke sejumlah partai, di antaranya PDIP, Hanura, dan Gerindra. Bahkan, ia sudah kembalikan berkas bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan ke PDIP.

Dia siap bersaing dengan bakal calon wali kota lain dari PDIP, juga dengan partai lain bila sudah ada yang membuka pendaftaran seperti PDIP.

"Iya, saya ke sini bermaksud untuk mengembalikan berkas persyaratan bakal calon Wali Kota Tangsel," ujar Nur Azizah kepada pengurus partai, Senin, 16 September 2019.

Nur Azizah mengaku, pencalonannya telah mendapat dukungan keluarga terutama dari ayahnya.

"Beliau sangat menghargai. Beliau sangat mengenal saya, saya memang tidak terbiasa dengan karpet merah," jelas Azizah di Kawasan Gondangdia Jakarta, Jakarta, Selasa, 12 November 2019.

 

Reporter : Syifa Hanifah

Sumber : Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.