Sukses

PKS Buka Peluang Koalisi dengan Partai Pendukung Pemerintah di Pilkada 2020

Terkait kemungkinan untuk mendukung nama putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo, dia belum bisa memastikan.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai pendukung pemerintah di Pilkada 2020. Hal itu dikatakan langsung Sekjen PKS Mustafa Kamal.

"Saya kira bisa terbuka untuk membangun komunikasi dan koalisi dengan seluruh partai yang ditingkat pusat berada di pemerintahan ataupun di luar pemerintahan. Kita terbuka semuanya," kata Mustafa di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Terkait kemungkinan nama putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk didukung PKS, dia belum bisa memastikan. Dia hanya mengatakan semua pihak yang memiliki kompetensi bisa saja didukung PKS.

"Setiap anak bangsa yang mempunya kapasitas, potensi untuk menjadi pemimpin negeri ini kita akan dorong sepenuhnya dengan satu komitmen kesamaan visi untuk membangun bangsa dan negara," ungkap Mustafa.

Dia menjelaskan, PKS akan menjaring semua calon terbaik untuk Pilkada 2020. Kemudian nama tersebut akan dipertimbangkan ditingkat pusat.

"Kita akan lihat dari Solo misalnya ada beberapa nama atau dari Boyolali, dari tempat-tempat yang lain ada nama-nama yang lain ya kita akan pertimbangkan di tingkat pusat," pungkas Mustafa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemenang Pemilu 2024

Sebelumnya, Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al-Jufri menargetkan partainya menjadi nomor satu di Pemilu 2024. Hal itu ia katakan dalam Rakornas PKS di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

"Saya inginkan kita mampu meraih menjadi partai nomor satu di negeri ini. siap wijudkannya?" Kata Salim.

"Siap," jawab peserta Rakornas. Salim juga berharap semua gubernur dari partainya bisa membuat PKS bangga. "Saya ingin kalian semua mampu buktikan dan kita semua bangga," ungkapnya.

Dalam Rakornas ini, PKS rencananya membahas beberapa hal mulai dari pengukuhan sikap sebagai oposisi hingga persiapan Pilkada 2020.

 

Reporter: Sania Mashabi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.