SMRC Bandingkan Melejitnya Suara Sudrajat-Syaikhu dengan Rieke-Teten di Pilkada

Oleh Lizsa Egeham pada 30 Jun 2018, 16:10 WIB
Diperbarui 02 Jul 2018, 15:13 WIB
Bahas Pilkada Jabar, Prabowo Kumpulkan Partai Koalisi Asyik

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menjelaskan melejitnya perolehan suara pasangan nomor urut 3 Sudrajat-Syaikhu dalam Pilkada Jawa Barat 2018. SMRC membandingkan kejadian tersebut dengan apa yang terjadi kepada Rieke-Teten saat Pilgub 2013 lalu.

"Fenomena ini sebetulnya bukan baru. Di 2013, Jawa Barat hal yang sama terjadi, pasangan Rieke-Teten itu pada SMRC Maret memperoleh 11,2 persen. Tapi di hari H pilkada mereka nomor 2 dengan presentase 29 koma sekian persen," ujar Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan dalam diskusi di Kawasan Cikini Jakarta Pusat, Sabtu (29/6/2018).

Menurut Djayadi, elektabilitas Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar saat survei pilkada 5 tahun lalu masih di bawah Dede Yusuf-Lex Laksamana. Namun, hasil akhir dimenangkan oleh Aher-Deddy.

"Aher waktu itu masih sedikit kalah dengan Dede Yusuf pada 2 minggu menjelang pencoblosan. Pada akhirnya Aher nomor 1 selisihnya sedikit dari nomor 3 Rieke-Teten dan ditentukan quick count," jelas dia. 

2 of 2

Melempem di Survei

Bahas Pilkada Jabar, Prabowo Kumpulkan Partai Koalisi Asyik
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto foto bersama Presiden PKS Sohibul Iman, Sekjen PAN Eddy Soeparno serta pasangan Cagub Jabar dari Partai Koalisi Asyik, Sudrajat - Ahmad Syaikhu saat pertemuan di Jakarta, Kamis (1/3). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, pasangan Sudrajat-Syaikhu mendapatkan elektabilitas cukup rendah dalam berbagai survei sebelum pelaksanaan Pilkada. Posisinya jauh berada di bawah pasangan Ridwan Kamin-Uu Ruzhanul dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Adapun berdasarkan hasil hitung cepat Pilkada Jabar yang dirilis SMRC, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menempati urutan pertama dengan perolehan suara 32,37 persen. Mereka unggul dari pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang mendapatkan 29,55 persen suara.

Sementara urutan ketiga ditempati pasangan Dedi Mizwar-Dedi Mulyadi dengan 25,63 persen suara. Urutan buncit diisi pasangan TB Hasanudin-Anton Charliyan dengan 12,81 persen suara.

Saksikan VIdeo Pilihan Berikut Ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by