Presiden PKS Minta Semua Pihak Kawal Penghitungan Suara Pilkada 2018

Oleh Liputan6.comDevira Prastiwi pada 28 Jun 2018, 19:11 WIB
Diperbarui 30 Jun 2018, 18:13 WIB
Presiden PKS Sohibul Iman datangi Polda Metro Jaya

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman menginginkan tingkat kewaspadaan berbagai pihak untuk mengawal hasil Pilkada Serentak 2018 tetap terus dijaga.

"Tetap waspada, terus kawal hasil sementara pilkada ini sebaik-baiknya hingga perhitungan resmi KPU tuntas dilaksanakan," ujar Sohibul, seperti dilansir Antara, Kamis (28/6/2018).

Menurutnya, berdasarkan hitung sementara saat ini PKS memenangkan hampir separuh dari 17 pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Untuk itu, kata Sohibul, diharapkan para kader dan simpatisan parpol juga dapat terus berjuang dan bekerja keras untuk meraih kemenangan-kemenangan berikutnya setelah Pilkada Serentak 2018 ini.

"Semua jerih payah pengorbanan dan kontribusi dari para kader semuanya akan bernilai ibadah," jelas Sohibul.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 of 2

Pengamanan Terus Dilakukan

Kotak suara Pilkada tersegel sesampai di TPS. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Kotak suara Pilkada tersegel sesampai di TPS. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Sebelumnya, upaya pengamanan Polri terkait rangkaian Pilkada Serentak masih terus dilanjutkan meski pemungutan suara telah dilaksanakan.

"Setelah pemungutan suara ada tahapan berikutnya diantaranya perhitungan di TPS (tempat pemungutan suara), dilanjutkan ke PPK (panitia pemilihan kecamatan), kemudian ke KPU (komisi pemilihan umum). Semua tetap dikawal Polri sampai selesai," kata Kadivhumas Polri Irjen Polisi Setyo Wasisto.

Menkopolhukam Wiranto dalam konferensi pers di Mabes Polri usai penyelenggaraan Pilkada Serentak mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak di 171 daerah di Tanah Air berjalan lancar aman dan lancar.

Dari 171 daerah pemilihan, terdapat 387.586 tempat pemungutan suara (TPS). Dari jumlah tersebut, hanya ada 10 TPS yang bermasalah.

Permasalahan tersebut seperti di beberapa daerah mengalami kekurangan surat suara ataupun surat suara dibawa kabur petugas KPPS.

"Saya rasa ini rasio yang sangat kecil, secara umum Pilkada Serentak sukses, aman dan terkendali," kata Wiranto.

Lanjutkan Membaca ↓