Sukses

LSI Denny JA: Hasil Pilkada 2018 Tak Pengaruhi Pileg dan Pilpres

Pilkada serentak ini sebagai ajang partai politik untuk memanaskan mesinnya menjelang menghadapi Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfarby menyebut, kemenangan Pilkada 2018 khususnya di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, tidak secara paralel berpengaruh terhadap pemungutan suara di Pileg dan Pilpres. Menurutnya hasil pilkada tak serta merta bakal membawa kemenangan di Pilpres.

"Tapi hasil ini menurut pengalaman kami, tidak banyak berpengaruh ke pileg atau pilpres," kata Adjie di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (27/6/2018).

Adjie menuturkan, Pilkada 2018 ini sebagai ajang partai politik untuk memanaskan mesinnya menjelang Pemilu 2019. 

Adjie mengatakan, pilkada hanya akan menegaskan peta politik nasional yang sudah ada. Justru, koalisi di tingkat nasional mempengaruhi koalisi di daerah. Seperti koalisi Gerindra, PKS, dan PAN yang dari tiga wilayah di Jawa Tengah, di Jabar dan Jatim terus bersama-sama.

"Tapi kalau dilihat dari paralel suara agak sulit tapi kalau paralel koalisi mungkin terjadi seperti yang terjadi di 3 wilayah ini" kata Adjie.

Hasil pilkada serentak sudah mulai terlihat berdasarkan hitung cepat di hari pencoblosan, Rabu (27/6). Di Jawa Timur pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dipastikan unggul. Paslon yang diusung Demokrat, Golkar, NasDem, PPP, PAN dan Hanura itu menang atas Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung PDIP, PKB, Gerindra, dan PKS.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jawa Barat dan Jawa Tengah

Sedangkan di Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang diusung NasDem, PPP, PKB, dan Hanura, unggul tipis dengan Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang diusung PKS, Gerindra, dan PAN. Sementara dua terbawah ditempati oleh Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang diusung Demokrat dan Golkar, serta TB Hasanuddin-Anton Charliyan yang diusung PDIP.

Di Jawa Tengah, petahana Ganjar Pranowo-Taj Yasin menang atas Sudirman Said-Ida Fauziyah. Ganjar diusung koalisi PDIP, Golkar, Demokrat, PPP, dan Nasdem. 

 

Reporter: Ahda Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.