Sukses

Hasil Quick Count Pilkada Sultra 2018 Versi Haluleo dan JSI: Ali Mazi Unggul

Lembaga survei The Haluoleo Institute dan Jaringan Suara Indonesia (JSI) menggelar hitung cepat atau quick count Pilkada Sultra 2018.

Liputan6.com, Kendari - Lembaga survei The Haluoleo Institute dan Jaringan Suara Indonesia (JSI) menggelar hitung cepat atau quick count Pilkada Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018. Hasilnya, pasangan cagub nomor urut 1 Ali Mazi-Lukman Abunawas unggul dibanding dua calon lainnya.

Dalam paparannya, 4.909 TPS yang tersebar di seluruh kabupaten dihitung cepat oleh Haluoleo Institute, lembaga yang terakreditasi KPU Sulawesi Tenggara. Sebanyak 1.628.320 orang pemilih tercatat KPU sebagai pemilih di Sultra.

Hasil quick count Pilkada Sultra 2018 tersebut menyatakan, pasangan cagub nomor urut 1 Ali Mazi-Lukman Abunawas, memperoleh suara 42,52 persen. Pasangan nomor urut 2 Asrun-Hugua dengan perolehan suara 25,15 persen, sedangkan pasangan nomor urut 3 Rusda Mahmud-LM Sjafei Kahar dengan perolehan suara 32,46 persen.

Pasangan nomor urut 1 diusung Partai Golkar dan Nasdem. Pasangan nomor urut 2 diusung PAN, PKS, PDIP, Gerindra, dan Hanura. Kemudian pasangan nomor urut 3, diusung oleh PPP, Demokrat dan PKB.

Ketua Haluoleo Institute Naslim Sarlito mengatakan, perolehan suara ini dilakukan dikerjakan dengan cepat oleh timnya di lapangan. Meskipun hujan dan cuaca tidak mendukung, relawan dipercaya memberikan data valid.

"Intinya, perbedaan hasil hitung akhir dengan KPU Sulawesi Tenggara nantinya sekitar 1 persen," ujar Naslim Sarlito.

Lembaga Jaringan Suara Indonesia (JSI) yang menggelar quick count Pilkada 2018 memenangkan pasangan nomor 1 Ali Mazi-Lukman Abunawas. Mantan gubernur Sulawesi Tenggara ini meraih 44,04 persen.

Asrun-Hugua meraih suara 25,7 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 3 Rusda Mahmud-Sjafei Kahar meraih suara sebesar 30,88 persen.

 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini