Sukses

Lewat Video, Ganjar Ungkap Arah Dukungan Jokowi di Pilkada Jateng dan Jatim

Melalui sebuah video 'Bagaimana Pak Ganjar Membaca Arah Dukungan Jokowi di Pilkada Jateng dan Jatim', Ganjar mengungkapnya.

Liputan6.com, Semarang - Ganjar Pranowo yang merupakan calon Gubernur Jawa Tengah membaca arah dukungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk kandidat di Jateng dan Jatim.

Melalui sebuah video 'Bagaimana Pak Ganjar Membaca Arah Dukungan Jokowi di Pilkada Jateng dan Jatim', Ganjar mengungkapnya. Video berdurasi 57 detik itu pun viral di berbagai platform media sosial dan WhatsApp.

Dalam video tersebut, Ganjar menilai ada kesamaan calon pemimpin di Jateng dan Jatim, yaitu persatuan kaum religius dan nasionalis.

"Kita melihat sebenarnya tipologisnya mirip antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perpaduan calonnya juga cuma dua, sama-sama head to head dan representasi dari perwakilannya juga perwakilan dari nasionalis-religius," kata Ganjar di dalam video yang beredar, Selasa (26/6/2018).

Di Jateng, Ganjar berpasangan dengan putra ulama karismatik asal Sarang, Rembang KH Maimoen Zubair, Taj Yasin sebagai calon wakil gubernur.

Sedangkan di Jatim, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang pernah menjadi Ketua Umum GP Ansor dan sekarang menjadi Ketua PB Nahdlatul Ulama serta mendapat persetujuan kiai-kiai sepuh, maju sebagai calon Gubernur duet dengan cucu Presiden pertama RI Soekarno, Puti Guntur Soekarno.

"Maka kalau kita melihat Pak Jokowi sebagai presiden tentu beliau akan melindungi semuanya dan memberikan kesempatan yang sama. Tapi kalau mau membuat garis, kita melihat spirit-nya, semangatnya, warna partainya, pasti antara Pak Jokowi, kalau di Jawa Tengah ada saya, kalau di Jawa Timur ada Mbak Puti, maka garis itu sama," kata Ganjar.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilih Satu Garis

Kesamaan antara Pilkada Jateng dan Jatim itulah, Ganjar menilai semua kader dan pendukung akan bersatu memilih calon yang diusung organisasinya.

"Kalau melihat semangat de corps pasti namanya orang partai kita akan mendukung pada barisan kepartaian yang sama," tegas Ganjar.

Dalam video singkat itu juga digambarkan kedekatan Ganjar dan Puti kepada ulama maupun Presiden Jokowi.

 

Reporter : Nanang Ichwanto

Sumber  : Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.