Sukses

Masa Tenang Pilkada, Polda Jabar Siagakan Patroli Siber

Polda Jabar menyiagakan patroli siber guna mengantisipasi kampanye gelap selama masa tenang Pilkada Serentak di Jabar.

Liputan6.com, Bandaung - Polda Jabar menyiagakan patroli siber guna mengantisipasi kampanye gelap selama masa tenang Pilkada Serentak di Jabar.

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan, tim siber Polda Jawa Barat dilibatkan untuk memantau dan mengantisipasi adanya black campaign juga money politic. Pihaknya tak segan untuk memproses secara hukum siapapun yang terbukti melakukan.

"Tim siber kita juga bekerja, saya harapkan tidak ada yang melakukan black campaign maupun money politic. Sudah jelas ada contohnya di Garut, lakukan itu lengkap alat bukti kita proses hukum siapapun juga," ucap Agung di Bandung, Sabtu (23/6/2017).

Di lapangan, Polda Jabar akan menggelar patroli bersama Kodam Siliwangi. Langkah ini guna memastikan keamanan penyelenggaraan Pilkada Serentak nanti.

"Nanti sampai tingkat Kabupaten Kota akan mengadakan patroli gabungan dengan TNI, khusus di bawah dengan Babinkabtibmas dan Babinsa, monitoring di wilayahnya, memastikan aman," beber Agung.

"Kepolisian dibantu Kodam sampai di tingkat bawah sudah menyiapkan strategi pengamanan. Yang pertama pengamanan TPS itu sudah di ploting, itu bekerja sama dengan KTPS dengan Linmas," Agung menambahkan.

Terkait netralitas personel TNI-Polri, anggota polisi dan TNI diwajibkan tetap netral. Dia mengimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan apabila ada keterlibatan anggotanya.

"Beberapa kali yang saya tegaskan netralitas petugas harus dan wajib, sampai dengan hari ini tidak ada laporan baik dari TNI dan Polri yang tidak netral, semuanya betul-betul mengamankan pesta demokrasi ini. Silakan kalau media tahu segera beritahu, akan saya lakukan tindakan sesuai aturan yang ada," kata Agung.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.