Janji Puti Guntur Soekarno ke Petani di Hutan Jember

Oleh Liputan6.com pada 19 Jun 2018, 16:04 WIB
Diperbarui 19 Jun 2018, 16:04 WIB
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno
Perbesar
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jember - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur nomor urut 2, Puti Guntur Soekarno berdialog dengan para petani di kawsan hutan, Kabupaten Jember.

Dalam pertemuan tersebut, Puti berjanji memperkuat sektor pertanian di kawasan hutan dengan cara pemberian benih komoditas hingga pengembangan koperasi di wilayah setempat.

"Pengolahan hasil pertanian dibutuhkan, agar perekonomian warga di sekitar hutan bisa terangkat," kata Puti Guntur di depan ratusan warga Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin,18 Juni 2018.

Penguatan hasil pertanian bisa berupa pisang. Dari buah ini bisa dibuat keripik, kue, selai, juga ice cream. Kemasan, menurut Puti juga tak kalah penting. Jika kemasan menarik, maka nilai jual hasil pisang tersebut juga ikut terangkat.

"Dengan kemasan yang baik, harga hasil olahan pisang akan meningkat. Saat ini, banyak anak muda yang mengolah pisang menjadi makanan enak dan layak jual," ucap pasangan calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) itu, seperti dikutip dari Merdeka.com, Selasa (19/8/2018). 

2 dari 2 halaman

Kebijakan Puti Berpihak pada Warga Kecil

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno
Perbesar
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Ketua Wadah Aspirasi Warga Petani (Wartani) Yatmi mengatakan, kebijakan Puti Guntur Soekarno selaras dengan kebijakan pemerintah pusat, sehingga keberpihakan kepada masyarakat kecil dan segaris dengan pengelolaan lahan hutan yang digagas Pak Jokowi.

"Ada 332 hektare tanah hutan yang telah difungsikan warga masyarakat di dua desa di Kecamatan Tempurejo, namun masyarakat masih kesulitan menjual komoditas olahan yang lebih bernilai karena sebagian besar yang dijual adalah olahan sektor pertanian," katanya.

Untuk itu, warga petani hutan di Desa Curahnongko sepakat mendukung calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno dalam Pilkada Jatim 2018.

 

Saksikan video pilihan selengkapnya di bawah ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by