Sukses

Jelang Lebaran, Elektabilitas Gus Ipul-Puti Ungguli Khofifah-Emil

Pada 25 Mei-7 Juni 2018, Gus Ipul-Puti meraih suara 46 persen, sementara Khofifah-Emil 42,2 persen.

Liputan6.com, Surabaya - Lembaga survei Semesta Alam Media dan Research merilis Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno berpeluang mengalahkan Khofifah-Emil, dua minggu jelang Pilkada Jatim 2018.

Dari survei yang dilakukan, pada 25 Mei-7 Juni 2018, Gus Ipul-Puti meraih suara 46 persen, sementara Khofifah-Emil 42,2 persen dengan undecided voters (belum menentukan pilihan) sebesar 11,8 persen.

"Kalau Pilgub Jatim dilaksanakan hari ini dengan mengabaikan undecided voters, Gus Ipul-Puti tampil sebagai pemenang. Karena kalau tanpa menghitung undecided voters, maka Gus Ipul-Puti meraih suara 52,2 persen. Sedangkan Khofifah-Emil mendapat suara 47,8 persen," kata Direktur Lembaga survei Semesta Alam Media dan Research, L Riansyah, di Surabaya, Kamis, 14 Juni 2018, seperti dikutip dari Merdeka.com.

Hasil survei dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 5.760 responden dari 29 Kabupaten dan 9 Kota (360 desa, 120 kota di Jatim dengan metode pengambilan data wawancara tatap muka. Margin erornya sedikit hanya sekitar 1,32 persen).

"Barangkali survei kami satu-satunya survei yang dilakukan lembaga survei yang banyak melibatkan responden. Biasanya lembaga survei hanya mengambil sampel 800 sampai 1.200 responden, tapi survei kami mengambil sampel 5 ribu lebih responden," papar Riansyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dari 10 Wilayah, 8 Dimenangkan Gus Ipul-Puti

Oleh karena itu, dalam melakukan survei, pihaknya membagi 10 zona. Hal ini berbeda dengan lembaga survei lainnya yang membagi per wilayah, seperti wilayah Arek, Tapal Kuda, Malang Raya, Mataraman, dan Pandalungan.

Dari pembagian 10 zona itu, 8 zona di antaranya dimenangkan oleh Gus Ipul-Puti. Sementara Khofifah-Emil hanya menang di dua zona, yakni zona V (Kab Malang, Kota Malang, dan Kota Batu) dan zona IX (Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Gresik).

Hal senada juga dikatakan Direktur Avemedia Research, Nasrun Annahar. 

"Karena margin erornya sedikit, hasilnya tak akan berubah. Sak mbleset-mblesete (meleset-melesetnya) hasilnya tidak akan turun. Khofifah-Emil akan sulit mengungguli Gus Ipul-Puti," tandasnya. 

 

Reporter: Bruriy Susanto

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan selengkapnya di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.