Dukung Puti Guntur, Mapan Dirikan Posko Pemenangan

Oleh Liputan6.comDevira Prastiwi pada 13 Jun 2018, 18:31 WIB
Diperbarui 13 Jun 2018, 18:31 WIB
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno
Perbesar
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno mengucapkan terima kasih atas dukungan dari relawan Joko Widodo (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Nganjuk - Masyarakat Peduli Pangan (Mapan) Jawa Timur mendukung calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno.

Mereka bergerak untuk memenangkan Puti yang berpasangan dengan calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mendirikan posko untuk melakukan konsultasi dan komunikasi di wilayah Lingkar Wilis.

"Posko ini bukan sekedar posko pemenangan, tapi juga tempat bagi masyarakat di sekitar hutan bisa berkonsultasi dan berkomunikasi tentang pemahaman perhutanan sosial dan cara pemberkasan izin," ujar Ketua DPD Mapan Jatim Purwadi dalam acara Sosialisasi Perhutanan Sosial di Lapangan Desa Maguan, Kecamatan Brebek, Kabupaten Nganjuk, seperti dilansir Antara, Rabu (13/6/2018).

Purwadi mengatakan, pendirian posko serbaguna ini dilakukan setelah dilakukan deklarasi bersama Puti Guntur Soekarno di Surabaya.

Dalam deklarasi itu, kata dia, ada komitmen Puti dengan DPD Mapan untuk membangun posko-posko perhutanan sosial di desa-desa wilayah Lingkar Wilis.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Desa Bangle, Sukarjiyo mengungkapkan, banyak masyarakat yang tinggal di sekitar hutan wilayah Lingkar Wilis tetapi tidak mengetahui apa itu perhutanan sosial.

"Kami yang selama ini bekerja merambah hutan, tidak pernah mendapatkan sosialisasi. Kami bersedia, rumah saya dijadikan posko (Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno)," kata Sukarjiyo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

Inginkan Sosialisasi

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno. (Liputan6.com/Dian Kuriawan)
Perbesar
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno. (Liputan6.com/Dian Kuriawan)

Menurut Sukarjiyo, kelompok tani sebenarnya menginginkan adanya sosialisasi untuk mengetahui kondisi hutan dan aturan-aturan yang ada di dalamnya.

Dengan begitu, kata dia, kelompok tani area hutan bisa menyesuaikan apa yang dilakukan terhadap hutan.

"Kami ingin ada pihak yang memberikan pengertian mengenai kehutanan supaya kami tidak salah," jelas Sukarjiyo.

Sementara di Desa Cupak Ngusikan, Kabupaten Jombang, Puti Guntur Soekarno menyampaikan komitmennya untuk mengawal Program Perhutanan Sosial yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Ini progam presiden kita. Tidak hanya saya, masyarakat dari manapun wajib menyukseskan program ini. Baik itu Bupati maupun Gubernur. Tak boleh ada siapapun yang menghalang-halangi program Presiden Jokowi untuk meningkat kesejahteraan rakyat," tegas Puti.

 

Reporter : Arif Ardlyanto

Sumber  : Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓