Sukses

Alasan Partai Berkarya Dukung Ridwan Kamil - UU Ruzhanul di Pilkada Jabar

Partai berkarya segera menkonsolidasikan kadernya dan memberikan arahan teknis di daerah untuk bekerja memenangkan Rindu.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon kepada daerah Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum kembali mendapatkan dukungan dari partai politik. Kali ini, Partai Berkarya dan organisasi Gerakan Hejo yang menyatakan dukungan akan mendukung pasangan Rindu ini.

Ridwan Kamil sangat bersyukur dukungan terus mengalir disisa waktu 16 hari jelang pencoblosan ini. Terlebih adanya dukungan dari dari Partai Berkarya yang merupakan partai besutan Tommy Soeharto. 

"Inilah keindahan yang Allah berikan di waktu terbaik. Akhirnya dari mereka ada pilihan di waktu-waktu terakhir. Intinya semua indah pada waktunya," ucap Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/6/2018).

Menurut dia, dukungan tersebut, akan memperkuat dan mempertajam persentase kemenangan Rindu. Partai Berkarya pun segera menkonsolidasikan kadernya dan memberikan arahan teknis di daerah untuk bekerja memenangkan Rindu.

Pada acara itu, Partai Berkarya dan Gerakan Hejo menerima kaos dan jaket Relawan Rindu Juara sebagai simbol dukungan mereka kepada pasangan Rindu.

"Sesuai aspirasi dan harapan rakyat Jabar, dan memperhatikan usulan sesepuh kami, Pak Solihin GP, serta penegasan dari DPP, maka kami jatuhkan dukungan Partai Berkarya kepada Rindu dan kami siap memenangkan Rindu," kata Ketua DPW Partai Berkarya (PB) Jawa Barat Eka Santosa yang juga ketua DPP Gerakan Hejo ini pada acara deklarasi, Senin, 11 Mei 2018.

Menurut Eka, pilihan Berkarya jatuh kepada Ridwan Kamil - UU, karena pihaknya sudah mengenal Kang Emil sebagai sosok pemimpin yang berprestasi dengan segudang kelebihan yang dimilikinya. Apalagi wakilnya, Kang Uu merupakan bagian dari keluarga besar Hejo.

"Kami sudah beberapa kali bertemu dan berkomunikasi dengan Kang Uu, sehingga dukungan kami kepada Rindu semakin mantap," ujarnya.

Adapun alasan Gerakan Hejo mendukung Rindu, menurut Eka, karena Ridwan Kamil dinilai sebagai calon gubernur yang kompeten untuk mengatasi permasalahan lingkungan di Jabar.

"Kerusakan lingkungan kita sudah luar biasa. Sungai dan hutan sudah rusak, begitupun pantainya. Kita berhadapan dengan dehumanisasi di masyarakat bawah sehingga membutuhkan gubernur yang kuat untuk membawa perubahan untuk Jabar lebih baik," kata Eka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atasi Soal Lingkungan

Sebelum dukungan diberikan, di hadapan para elite Partai Berkarya, Kang Emil juga menjelaskan visi misi, program, hingga konsep lingkungan, kerakyatan dan politiknya. Karena ada kesamaan cita-cita, maka Partai Berkarya pun menjatuhkan pilihannya kepada Rindu.

"Dengan bertambahnya dukungan ini, saya sangat optimis memenangkan kontestasi Pilgub Jabar 2018. Karena semakin banyak dukungan, tentunya semakin memperbesar elektabilitas Rindu dan Insya Allah dapat meraih kemenangan secara maksimal," kata Kang Emil peraih 310 penghargaan dalam dan luar negeri ini.

Terkait masalah lingkungan, Kang Emil mengaku sudah punya cetak biru yang akan ia gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

"Salah satu hadiah yang ingin saya sampaikan adalah buat cetak biru bernama resilience province untuk menghadapi kebencanaan," ungkap Arsitek dan ahli tata kota ini.

Dia menjelaskan, cetak biru untuk menghadapi bencana sangat dibutuhkan. Hal inilah yang dimiliki negara maju yang rawan bencana seperti Jepang, sehingga mereka selalu siap dan bisa mengurangi risiko kerusakan saat dihadapkan dengan bencana besar.

Reporter: Randy Ferdi Firdaus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.