Sukses

Jika Menang Pilkada, Hasanah Siap Perjuangkan Buruh Jabar

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) sudah menyiapkan sejumlah program unggulan terkait dengan kesejahteraan buruh.

Liputan6.com, Bandung - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) siap memperjuangkan nasib serta kesejahteraan buruh jika menang dalam pada Pilkada Jabar 2018 ini.

"Kesejahteraan buruh menjadi salah satu perhatian kami. Hal ini cukup beralasan lantaran buruh merupakan masyarakat bawah yang menjadi penggerak ekonomi daerah hingga harus mendapatkan kehidupan layak dan sejahtera," ujar Ketua Tim Pemenangan Hasanah, Abdy Yuhana di hadapan ratusan buruh PT Baru dan Jaya di Babakan Ciparay, Kota Bandung, seperti dilansir Antara, Selasa (12/6/2018).

Menurut dia, pasangan Hasanah sudah menyiapkan sejumlah program unggulan terkait dengan kesejahteraan buruh.

"Pasangan Hasanah sudah menyiapkan program terkait dengan buruh dan ketenagakerjaan. Kami akan perjuangkan agar nasib para buruh ini sejahtera," ucapnya.

Abdy memaparkan, program-program unggulan pasangan Hasanah tersebut seperti BogaGawe, Jabar Sebeuh, Jabar Cageur, Sakola Gratis, Imah Reumpeug, Turkamling, dan Jabarmolotot.com.

Dia mengatakan, pasangan Hasanah juga telah meluncurkan tiga kartu berbeda untuk mendukung program yang disiapkan dan dari tujuh program unggulan yang digulirkan.

Tiga diantaranya, kata Abdy, disosialisasikan dan diperkuat Hasanah dengan bentuk nyata yakni Boga Gawe, Jabar Cageur, dan Sakola Gratis.

"Ketiga program ini memiliki kartu yang fungsinya berbeda-beda. Namun, bertujuan mempermudah masyarakat. Misalnya, BogaGawe bertujuan untuk memperkuat keahlian masyarakat agar mudah mendapatkan pekerjaan," kata Abdy yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Macam-Macam Kartu

Abdy menyebut, kartu BogaGawe ini ditujukan bagi penduduk yang belum punya pekerjaan dan akan dilatih secara khusus sehingga kesempatan untuk bekerja bisa 75 sampai 100 persen.

Untuk yang sudah bekerja, kata dia, akan mendapat pelatihan khusus dan diberikan sertifikasi yang menunjukkan mereka tenaga kerja profesional.

"Kartu BogaGawe tidak sekadar memberikan pekerjaan kepada masyarakat. Dengan pelatihan yang diberikan, masyarakat diharapkan bisa mandiri karena dilakukan di lingkungan mereka tinggal," tuturnya.

Selain itu, menurut Abdy, Hasanah juga memprioritaskan kesehatan warga Jawa Barat sehingga digulirkan pula Program Jabar Cageur yang fungsinya hampir mirip dengan BPJS Kesehatan. Dan Program Jabar Cageur ini akan menjangkau hingga ke pelosok desa.

Nantinya, lanjut dia, pihaknya bakal meningkatkan puskesmas rujukan di tiap kecamatan dan puskesmas yang ada harus diperbaiki, punya rawat inap, serta ambulans.

"Kami akan proaktif sehingga seluruh masyarakat miliki kartu Jabar Cageur. Pemerintah Provinsi Jabar harus hadir untuk mewujudkan Jabar terjamin, terjamin sejahtera, dan terjamin tenteram," jelas Abdy.

Kedatangan tim Hasanah disambut meriah oleh buruh pabrik yang mayoritas perempuan dan para buruh ini rata-rata berasal dari Sumedang, Majalengka, Cirebon, dan Indramayu.

"Alhamdulillah, tadi kami menyampaikan program-program Hasanah, sambutannya sangat luar biasa. Tentunya ini menambah optimisme kami nanti pada tanggal 27 Juni bakal memenangi Pilgub Jabar," tegas Abdy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.