Charta Politika: Ganjar Pranowo-Gus Yasin 70,5 %, Sudirman-Ida 13,6%

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 08 Jun 2018, 08:39 WIB
Suasana Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur Jawa Tengah

Liputan6.com, Jakarta - Charta Politika merilis hasil survei di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah pada periode Mei 2018. Hasilnya, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen unggul ketimbang pesaingnya Sudirman Said-Ida Fauziyah.

"Hasilnya, pasangan Ganjar-Maimoen memperoleh 70,5 persen suara, sedangkan Sudirman Said-Ida hanya 13,6 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, dalam rilis hasil survei di kawasan Jakarta Selatan, Kamis 7 Juni 2018.

Melihat hasil tersebut, Yunarto menilai peluang kemenangan Sudirman-Ida akan menjadi sulit. Terlebih, responden mengatakan tidak tahu atau belum menjawab (undecided voters) jumlahnya masih lebih tinggi ketimbang perolehan suara Sudirman-Ida.

"Jadi undecided voters adalah 15,9 persen. Pertarungan jomplang ini terjadi," jelas dia.

Yunarto mengatakan, ada sejumlah faktor yang membuat Ganjar Pranowo-Taj Yasin unggul di Pilkada Jateng 2018 ini, di antaranya petahana dan kepuasan kepemimpinan Ganjar di periode pertama pemerintahannnya .

Selain itu, kecilnya suara Sudirman Said dan Ida Fauziyah disebabkan faktor kedikenalan atau popularitas yang belum dikenal baik warga Jawa Tengah.

2 of 2

86 Persen Warga Mengenal Ganjar

"Survei menunjukkan 86,8 persen responden mengaku mengenal Ganjar, sedangkan Sudirman hanya 41,2 persen responden yang mengaku tahu sosoknya. Belum lagi wakilnya, Ida Fauziyah yang juga tidak terlalu populer hanya 27,9 persen. Masih lebih dikenal wakil dari Yasin Maimoen atau karib disapa Gus Yasin, anak dari Mbah Moen dengan persentase 34,8 persen," beber Yunarto.

Metodologi Survei digunakan adalah multistage random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden, lalu margin of error 2.83% pada tingkat kepercayaan 95%.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by