Sukses

Uu Ruzhanul Ulum Dorong Ekonomi Kerakyatan Berjaya di Jabar

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, konsep ekonomi populis sangat cocok diterapkan di Indonesia, tidak terkecuali di Provinsi Jabar.

Liputan6.com, Garut - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan ekonomi kerakyatan harus jaya karena bisa memberikan asas keadilan yang diharapkan seluruh lapisan masyarakat.

"Kami merupakan pengagum ekonomi populis, ekonomi kerakyatan. Untuk itu, kami berkomitmen mendorong kejayaan ekonomi populis agar bisa diterapkan di seluruh masyarakat di Jawa Barat," ujar Uu saat berkunjung ke Kabupaten Garut, seperti dilansir Antara, Rabu (6/6/2018).

Uu Ruhzanul Ulum yang mendampingi pasangannya Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, konsep ekonomi populis sangat cocok diterapkan di Indonesia, tidak terkecuali di Provinsi Jabar.

"Ekonomi kerakyatan telah memiliki akar tradisi panjang dalam sejarah bangsa Indonesia, di antaranya bisa dilacak lewat semangat gotong royong dan keberadaan lembaga koperasi sebagai semangat konsep populis," ucapnya.

Uu menyampaikan, konsep ekonomi kerakyatan itu sebagai usaha membangun ketahanan ekonomi bersama, sehingga masyarakat bisa melepaskan ketergantungannya terhadap kekuasaan pemodal besar.

Ekonomi kerakyatan itu, ucap dia, dinilai lebih tangguh dalam menghadapi krisis struktural karena roda penggerak arah pencapaiannya ditentukan secara bersama-sama oleh masyarakat yang terlibat.

"Ekonomi kerakyatan tangguh karena kebersamaannya, karena pelakunya banyak dan bisa berakar, jadi kalau ada yang krisis, yang lain bisa menyeimbangkan," kata Uu Ruhzanul Ulum.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Ekonomi Lemah

Uu menyebut upaya yang perlu dilakukan pemerintah adalah mendorong pasar tradisional, pedagang kaki lima, kemudian warung perumahan dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di tengah masyarakat.

Untuk itu, kata Uu, ia bersama Ridwan Kamil telah siap berkomitmen meningkatkan kemampuan golongan ekonomi lemah agar ada pemerataan pendapatan masyarakat.

"Solusi yang diberikan kepada masyarakat ialah digenjotnya perusahaan populis, kecil, menengah agar bisa lebih baik dalam memberi dampak ekonomi di Jawa Barat," tegas Uu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.