Ratusan Orang Mulai Lipat Surat Suara Pilkada Sumsel 2018

Oleh Liputan6.comDevira Prastiwi pada 06 Jun 2018, 08:02 WIB
Diperbarui 08 Jun 2018, 07:13 WIB
Paslon Petahana Sindir Gubernur Saat Paparkan Infrastruktur Sumsel

Liputan6.com, Palembang - Ratusan warga Kota Palembang, Sumatera Selatan mulai melipat surat suara untuk Pilkada Sumsel 2018. Ada sebanyak 124 orang yang melipat surat suara di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang.

"Ini untuk pertama kalinya saya ikut melipat surat suara (Pilkada Sumsel)," ujar seorang warga Kertapati, Palembang, Lutpia, seperti dikutip dari Antara, Rabu (6/6/2018).

Menurut dia, dalam sehari ada sebanyak 2.000 lembar surat suara yang harus bisa dilipat oleh satu orang. Setelah dilipat, kata Lutpia, surat suara tersebut diikat sebanyak 25 lembar, katanya.

"Upah yang diterima untuk melipat surat suara tersebut sebesar Rp 100 per lembar," kata Lutpia.

Lalu, warga lain bernama Gadis yang juga turut melipat surat suara mengatakan, hampir setiap Pilkada Sumsel ikut melipat surat suara di KPU Kota Palembang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

Kerja Sama Lipat Surat Suara

Cagub Aswari Rivai Kenalkan Kartu Sumsel Cerdas di Debat Pilkada
Para Cagub dan Cawagub Sumsel saat mengikuti Debat Publik Pilkada Sumsel 2018 (Liputan6.com / Nefri Inge)

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Palembang Rudi Pangaribuan mengatakan, pelipatan kertas surat suara bekerja sama dengan pihak ketiga karena nilainya di atas Rp 200 juta.

Untuk diketagui, Pilkada Sumsel 2018 diikuti empat pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Mereka adalah Herman Deru-Mawardi Yahya dan Aswari Rivai-Irwansyah. Kemudian Ishak Mekki-Yudha Pratomo serta Dodi Reza Alex-Giri Ramanda.

Pada Pilkada serentak 2018 di Sumsel juga diikuti sembilan kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓