Sukses

Puti Guntur Kenalkan Nutrisi Makmur, Program untuk Ibu Hamil dan Balita

Dalam dokumen visi-misinya, Gus Ipul dan Puti Guntur merumuskan rencana kebijakan berupa pemberian Nutrisi Makmur.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno melakukan sosialisasi program Nutrisi Makmur kepada para ibu hamil dan lansia di Desa Mangunharjo, Kabupaten Ngawi. Program tersebut digagasnya bersama Calon Gubernur Jatim Gus Ipul.

Dalam dokumen visi-misinya, Gus Ipul dan Puti Guntur merumuskan rencana kebijakan berupa pemberian Nutrisi Makmur. Program tersebut untuk ibu-ibu hamil dan balita, melalui pos-pos pelayanan terpadu di Jawa Timur.

"Nutrisi makmur ini agar para ibu hamil dan janinnya, juga balita-balita, serta para lansia, mendapatkan tambahan gizi yang bermanfaat bagi pertumbuhan bayi dan ketahanan tubuh," kata Puti saat berkampanye di Ngawi ditemani Bupati Ngawi Budi Sulistyono.

Dalam kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis tersebut, cucu Bung Karno ini mendapat tanggapan antusias dari warga. Puti Guntur Soekarno lalu menjumpai ibu-ibu hamil yang sedang memeriksakan kesehatan kandungannya. Ada juga ibu-ibu yang membawa putra-putrinya yang masih balita.

"Apa kabar Bu? Usia kandungan sudah berapa bulan ini? Semoga kelak bayinya lahir sehat, ibunya juga sehat. Semoga kelak putranya jadi generasi unggul," kata Puti saat berdialog dengan salah satu ibu hamil, Selasa (5/6/2018).

Ibu mengandung yang disapa diketahui bernama Sinta tersebut lalu menyambut Puti dengan senyum ramah. "Alhamdullilah, baik dan sehat Mbak Puti," ucap Sinta.

Cucu Bung Karno itu lalu mengusap-usap perut Sinta. "Semoga kelak, putra panjenengan menjadi anak yang cerdas, berakhlak, dan penuh takwa. Berjuang untuk keluarga, bangsa, negara dan agama," ujar Puti Guntur Soekarno tersenyum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mohon Doa Restu

Bupati Ngawi Budi Sulistiyo turut memberi semangat pada ibu-ibu dan warga lansia yang hadir di lokasi setempat. "Mohon doa restu ibu-ibu, Mbak Puti dan Gus Ipul, semoga menjadi pemimpin yang amanah di Jawa Timur," kata Kanang, sapaan akrab Bupati Budi Sulistyono.

Adapun, dalam kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis tersebut, para ibu hamil, ibu-ibu yang memiliki balita, dan para ibu lansia mendapatkan layanan kesehatan gratis. Mereka juga mendapatkan paket nutrisi tambahan, seperti kacang hijau, pisang, biskuit dan susu ibu hamil, puding, dan yang lain.

Sementara, salah seorang tenaga medis yang terlubat, Elvis Yuriansyah, mengatakan kegiatan bakti sosial tersebut bukan hanya memberikan paket nutrisi dan cek kesehatan, tetapi juga pengobatan.

"Kita cek dulu, kalau ada gejala tidak sehat, baru beri obat. Atau, misal kurang gizi, kita beri vitamin," ujar Elvis.

Sementara, kegiatan pengobatan gratis tersebut berjalan lancar dan mendapat sambutan luar biasa dari warga desa sekitar.

Puti menjelaskan, kemandirian kesehatan merupakan salah satu poin yang ingin diwujudkan dalam pemerintahan Gus Ipul dan Puti. Tujuannya adalah agar warga Jawa Timur hidup sehat dan sejahtera.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.