Sukses

Tenaga Ekstra Demi Kejar Target Pelipatan Surat Suara Pilkada Kota Malang

Dalam waktu tiga hari, sudah 300 ribu lembar surat suara Pilkada Kota Malang dilipat dan disortir

Liputan6.com, Malang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, mengebut pelipatan dan penyortiran surat suara untuk Pilkada Kota Malang dan Pilgub Jawa Timur 2108. Jumlah tenaga lepas pun ditambah dua kali lipat agar proses lipat dan sortir bisa selesai tepat waktu.

Komisioner KPU Kota Malang Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Aminah Asmaningtyas mengatakan, jumlah tenaga lepas untuk pelipatan dan menyortir surat suara Pilkada Kota Malang dan Pilgub Jatim dari semula 50 orang ditambah lagi hingga menjadi 100 orang.

"Tenaga tambahan mulai hari ini. Agar pelipatan dan penyortiran bisa lebih cepat, target kami sebelum lebaran semua selesai," kata Aminah di Malang, Rabu 30 Mei 2018.

Total jumlah surat suara untuk pilkada maupun pilgub masing – masing sebanyak 616.338 lembar. Itu sudah termasuk 2,5 persen surat suara cadangan. Selain itu sebanyak 2.000 lembar sebagai antisipasi pemilihan suara ulang (PSU) di tempat pemungutan suara untuk pilkada kota.

Proses pelipatan dan sortir dimulai sejak 28 Mei dan ditarget selesai pada 4 Juni untuk surat suara pilkada. Sedangkan surat suara untuk pilgub ditetapkan harus selesai pada 6 Juni. Sampai hari ini, total sudah 314.000 lembar surat suara untuk pilkada yang sudah dilipat dan disortir.

"Setelah dilipat dan disortir tenaga lepas, masih dicek ulang lagi oleh staf KPU. Kalau jumlah surat suara yang rusak, belum bisa kami hitung jumlahnya," ujar Aminah.

Surat suara yang rusak nantinya masih harus dipilah lagi berdasarkan kategori dan jenis kerusakannya. Secara keseluruhan baru diketahui di hari terakhir proses pelipatan dan penyortiran. Dibuatkan berita acara dan disampaikan ke rekanan agar diganti.

"Biasanya kerusakan tak begitu banyak. Nanti kalau total yang rusak sudah ada, secepatnya diklaim ke rekanan agar diganti," tutur Aminah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Distribusi Surat Suara

Meski pelipatan dan penyortiran surat suara Pilkada Kota Malang dan Pilgub Jatim ditarget selesai sebelum lebaran, pendistribusiannya tak akan terburu – buru. Surat suara baru didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada dua hari sebelum pencoblosan.

"Ini demi kepentingan keamanan, maka seluruh logistik nanti tetap di tempat kami. Baru jelang pencoblosan didistribusikan," ucap Aminah.

Praktis saat ini yang sudah diserahkan ke PPK hanyalah kotak suara. Sedangkan logistik seperti surat suara, tinta, template braile dan lainnya belum didistribusikan. Bahkan untuk formulir seluruh model juga masih di rekanan, dalam proses pengerjaan.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Malang adalah sebanyak 600.646 pemilih. Mereka tersebar di 1.400 Tempat Pemungutan Suara. Pilkada Kota Malang diikuti tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yakni Ya’qud Ananda Gudban – Wanedi, M Anton – Samsul Mahmud, dan Sutiaji – Sofyan Edi Jarwoko.

Sedangkan calon gubernur dan calon wakil gubernur dalam Pilgub Jatim 2018 adalah Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno serta Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak. Pemungutan suara dijadwalkan pada 27 Juni 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini