Sukses

Puti Akan Gelar Jambore Antarumat Beragama di Jatim

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berkomitmen untuk mewujudkan Jatim yang bertoleransi antarumat beragama.

Liputan6.com, Surabaya - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berkomitmen untuk mewujudkan Jatim yang bertoleransi antarumat beragama.

Hal itu disampaikan Puti saat bertemu dengan pengurus Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Jawa Timur, di Nginden Surabaya, Selasa 22 Mei 2018. Puti berdialog mendengarkan aspirasi dari elemen-elemen masyarakat Gereja Jatim.

Ia berkomitmen untuk mewujudkan cita-cita bersama ini. Apalagi, kata dia, beragama menjadi hak asasi setiap warga negara Indonesia (WNI) yang telah diatur dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Tak hanya itu, Puti juga merasa prihatin dengan munculnya fenomena adanya radikalisasi di lingkungan perguruan tinggi.

Sebab itu, pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul ini mengajak masyarakat, baik dari tenaga pengajar, tokoh, hingga pemuka agama untuk turut serta menanggulangi hal ini.

"Selain itu, kita yang di tingkat provinsi nantinya, bisa menggelar jambore lintas iman, dan juga kita punya karang taruna untuk menanamkan toleransi keberagamaan ini di kalangan pemuda," ujar Puti.

Dia optimistis, melalui kegiatan jambore, kerukunan umat beragama bisa terealisasi di Jawa Timur. Apalagi, dia sudah memiliki pengalaman mengadakan acara itu di Jawa Barat yang tingkat radikalisasinya relatif tinggi.

Puti berjanji akan membahas rancangan-rancangan kebijakan untuk mendorong pendidikan karakter dan Pancasila di Jawa Timur. Terlebih Presiden RI Joko Widodo sudah membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meminta Puti Wujudkan Jatim Toleransi

Sebelumnya, banyak pengurus Bamag menanggapi terjadinya aksi bom bunuh diri di tiga gereja Surabaya pekan lalu. Mereka meminta Puti sebagai calon kepala daerah nantinya bersama Gus Ipul bisa mewujudkan Jawa Timur yang toleransi dengan keberagaman umat beragama.

"Melihat ini begitu urgen, kami meminta Mbak Puti untuk melakukan intervensi-intervensi kebijakan yang dapat mewujudkan kerukunan umat beragama," kata Ketua Umum Bamag Jawa Timur Sudhidharma.

Mendengar Puti akan melakukan jambore antarumat beragama, Sudhidarma sangat setuju. Terlebih, wacana jambore antarumat beragama sendiri, sudah dilakukannya dalam komunitas-komunitas kecil di lingkungannya.

Ia berharap Indonesia khususnya Jawa Timur benar-benar bisa kondusif dan tidak ada lagi aksi terorisme seperti sebelumnya.

"Seperti yang dicanangkan oleh The Founding Father bangsa kita, bahwa perbedaan adalah karunia," pungkas Sudhidarma.

 

Reporter : Fahmi Aziz

Sumber  : Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.