Sukses

Janji Gus Ipul Tingkatkan Ekspor Sepatu Jatim

Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menilai, industri ini merupakan padat karya dengan mempekerjakan banyak orang.

Liputan6.com, Mojokerto - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua Saifullah Yusuf atau Gus Ipul berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan ekspor sepatu dari Jawa Timur.

Karena, dirinya menilai, industri ini merupakan padat karya dengan mempekerjakan banyak orang di dalamnya.

"Saya berkomitmen mendorong perusahaan serupa di Jawa Timur bisa terus mengembangkan sayap di pasar ekspor," ujar Gus Ipul saat mengunjungi pabrik sepatu PT Dwi Prima Sentosa (DPS) di kawasan Ngoro, Mojokerto, seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/5/2018).

Menurutnya, komitmen ini harus dijaga. Gus Ipul berharap, banyak daerah dapat memiliki pusat-pusat ekonomi berbasis kearifan lokal yang juga menyerap tenaga kerja setempat.

"Kami mengapresiasi perusahaan ini bisa menjangkau pasar global. Kedepan, harus semakin ditingkatkan. Pemerintah akan membantu melalui berbagai regulasi. Mulai dari peningkatan infrastruktur hingga kemudahan mendapat bahan baku hingga akses pemasaran," jelas dia.

Dalam kunjungannya, pasangan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno ini meninjau seluruh proses pembuatan sepatu, mulai dari cutting material, jahit (stiching), hingga finishing.

Sembari menyampaikan visi dan misinya, Gus Ipul melayani satu persatu permintaan swafoto hingga sekadar salaman dengan buruh pabrik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pabrik Sepatu Masuk Pasar Ekspor

Pada kesempatan yang sama, Manajer PT Dwi Prima Sentosa, Irawan mengatakan, perusahaannya memiliki sekitar 2.800 pekerja.

Selain di Mojokerto, kata dia, perusahaan ini juga mengembangkan pabrik di Ngawi.

"PT DPS merupakan salah satu pabrik sepatu ekspor yang memproduksi 7.500 pasang sepatu perhari," ucapnya.

Menurut Irawan, perusahaannya ini memproduksi berbagai merk sepatu ternama, di mana 80 persen di antaranya masuk pasar ekspor.

"Korea, Jepang, Jerman, hingga Perancis, adalah beberapa contoh negara yang telah menjajal sepatu produksi perusahaan ini," tutup Irawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.