Sukses

Emil Dardak Ingatkan Jatim Harus Siap Hadapi Revolusi Industri Keempat

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menjelaskan, generasi revolusi industri keempat ditandai dengan kemunculan superkomputer atau robot pintar.

Liputan6.com, Surabaya - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengingatkan masyarakat Indonesia, khususnya di Jatim, untuk siap menghadapi era revolusi industri generasi keempat.

Dia menjelaskan, generasi revolusi industri pertama adalah era ketika tenaga manusia dan hewan digantikan oleh kemunculan mesin.

"Revolusi industri generasi kedua adalah era tenaga listrik, yang kemudian muncul pesawat telepon, mobil, dan pesawat terbang. Dilanjutkan generasi revolusi industri ketiga, yang ditandai dengan kemunculan teknologi digital dan internet," ujar Emil Dardak seperti dilansir Antara, Jumat (18/5/2018).

Menurut Emil, saat ini dunia telah memasuki era generasi revolusi industri keempat yang ditandai dengan kemunculan superkomputer atau robot pintar yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak.

Pasangan calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ini mengingatkan, era revolusi indutri keempat harus direspons cepat oleh masyarakat Indonesia, khususnya Jatim.

"Sejarah mencatat revolusi industri telah banyak menelan korban, yaitu matinya perusahaan-perusahaan raksasa," ucap Emil Dardak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saran Emil Dardak

Untuk menghadapinya, Emil menyarankan bangsa Indonesia yang gemah ripah loh jinawi harus menyiapkan sumber daya manusianya.

"Kita harus mengubah paradigma bahwa kekayaan terbesar Bangsa Indonesia bukan hanya sumber daya alam, tapi juga sumber daya manusianya," kata Emil Dardak.

Selain itu, dia menegaskan, Indonesia harus bergeser dari negara berbasis ekonomi dengan kekayaan sumber daya alamnya ke negara yang berbasis ilmu pengetahuan.

"Pada akhirnya pendidikan menjadi sangat penting. Pendidikan adalah investasi terbaik untuk masa depan," tandas Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.