Sukses

Dedi Mulyadi Ingin Manfaatkan Asian Games untuk Promosi Produk Jawa Barat

Beberapa gelanggang untuk Asian Games berada di Jawa Barat, sehingga Dedi ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan produk budaya Jabar.

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi mendorong agar produk kebudayaan Jawa Barat diperkenalkan dalam Asian Games ke XVIII.

Jakarta dan Palembang memang ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara. Namun, gelanggang untuk beberapa cabang olahraga berada di Jawa Barat, yakni Majalengka, Sumedang, Purwakarta, Bogor, Bandung, dan Bekasi.

Sehingga Dedi ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan produk budaya Jawa Barat. Di antaranya, dengan cara memasarkan produk industri kreatif berbasis kultur di lokasi pelaksanaan Asian Games.

"Kebetulan daerah-daerah yang memiliki gelanggang ini punya sejarah. Karena itu, produk-produk budaya setempat harus dikenalkan. Produk itu bisa dijadikan cenderamata untuk para atlet dan official. Saat PON itu pernah ada pengusaha dari Garut memberikan batu akik sebagai cenderamata,” kata Dedi Mulyadi, di Tasikmalaya, Rabu, 9 Mei 2018.

Selain itu, dalam peristiwa tersebut juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan khazanah kesenian Jawa Barat. Kesenian Sisingaan dari Subang dan Goyang Karawang dari Karawang menjadi dua jenis kesenian yang dia rekomendasikan.

"Jangan lupakan wayang golek. Misalnya, teman-teman dari Kabupaten Bandung menggelar pertunjukan wayang golek di Stadion Si Jalak Harupat usai pertandingan sepak bola," ucapnya.

Selain kebudayaan, Dedi juga ingin memperkenalkan makanan khas Jawa Barat kepada dunia. Sebagai salah satu produk budaya dan ciri peradaban, kata dia, makanan harus mendapatkan media promosi yang pantas.

"Purwakarta misalnya punya satai maranggi. Kemudian, daerah lain juga memiliki makanan khas. Event Asian Games sangat cocok untuk promosi produk-produk seperti itu," katanya.

Untuk mewujudkan tujuan ini, Dedi Mulyadi meminta kerja sama seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat di Jawa Barat. Pasalnya, kualitas produk harus menjadi pertimbangan utama jika ingin dilirik dunia internasional.

"Kualitas semua produk itu harus prima. Ini kan dunia internasional akan melihat dan menilai produk kita. Semuanya harus melalui kontrol kualitas yang baik," ujar penggemar klub sepak bola Real Madrid tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerahkan DPD Partai Golkar

Sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi, mengaku siap mempromosikan Asian Games. Caranya, dengan memberikan instruksi kepada seluruh DPD kabupaten/kota di Jawa Barat untuk memasang baliho.

"Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Jawa Barat bahwa ada event Asian Games. Tentu kontingen Indonesia membutuhkan semangat seluruh warga bangsa, termasuk di Jawa Barat. Karena itu, saya instruksikan agar seluruh DPD kabupaten/kota memasang baligo Asian Games," katanya.

Dalam konteks geopolitik Asia, Dedi memandang Asian Games memiliki peran strategis.

"Kita bantu Pak Presiden dalam menguatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia di kancah internasional. Event ini menjadi momentum untuk itu. Apalagi, Indonesia kini menjadi destinasi wisata unggulan di Asia Tenggara," tandas Dedi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.