Sukses

Rai Mantra-Kerta Isi Kampanye Temui Masyarakat Tabanan

Calon Gubernur Bali Rai Mantra mengisi jadwal kampanye dengan menggelar Simakrama atau tatap muka dengan masyarakat di Kabupaten Tabanan.

Liputan6.com, Tabanan - Calon Gubernur Bali Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (Rai Mantra) mengisi jadwal kampanye dengan menggelar Simakrama atau tatap muka dengan masyarakat di Kabupaten Tabanan, Bali.

"Saya mengisi jadwal kampanye kali ini dengan melakukan tatap muka dengan warga di sejumlah tempat di Kabupaten Tabanan guna menyampaikan visi dan misi program dalam memimpin Bali ke depan," ujar Rai Mantra seperti dilansir Antara, Rabu (18/4/2018).

Rai Mantra yang didampingi ketua Koalisi Rakyat Bali (KRB) Tabanan Arya Budi Giri, anggota DPRD Bali daerah pemilihan Kabupaten Tabanan Nyoman Wirya, serta sejumlah tokoh masyarakat Tabanan menemui ratusan simpatisan dan relawan.

Mereka menyambut Rai Mantra dengan antusias untuk menegaskan dukungan sekaligus menyampaikan aspirasi di Desa Belatungan, Desa Pujungan, Puri Ageng Tabanan, dan Puri Kerambitan.

Rai Mantra mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah program untuk meningkatkan daya saing petani.

"Satu di antaranya Kartu Tani Nawacandra. Kartu tersebut akan dibagikan kepada petani. Petani yang mengantongi kartu itu akan mendapatkan subsidi pupuk serta kemudahan akses permodalan," ucapnya.

Program lainnya, lanjut Rai Mantra, adalah dengan mencanangkan produk unggulan berbasis potensi wilayah.

Untuk Tabanan, kata dia, bisa dibuatkan kluster-kluster (bagian), seperti di dataran rendah diprioritaskan pada produksi padi, sedangkan pada dataran tinggi diprioritaskan untuk tanaman hortikultura.

"Penguatan sektor pertanian juga disertai dengan pengembangan tempat pengolahan hasil pertanian serta jaringan pemasarannya," papar dia.

Untuk masalah pendidikan, Rai Mantra menegaskan, pihaknya akan memfasilitasi berbagai jalur beasiswa bagi siswa berprestasi tapi terkendala ekonomi.

"Selain beasiswa, Mantra-Kerta akan mendorong pihak kampus agar memberikan kemudahan biaya bagi siswa miskin," kata Rai Mantra yang berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Datangi Puri

Selain keliling ke sejumlah daerah di Tabanan, Rai Mantra mendatangi dua puri berpengaruh di Tabanan yakni Puri Kerambitan dan Puri Ageng Tabanan untuk mohon doa restu.

Di kedua puri, Rai Mantra dan Sudikerta disambut langsung oleh penglingsir puri masing-masing.

Kedua penglisir puri menyatakan dukungan penuh pada paket Mantra-Kerta kerena melihat kejujuran, ketulusan, semangat pengabdian, kecakapan, serta program yang unggul pada pasangan Mantra-Kerta.

"Kami tak ragu sedikit pun untuk mengumandangkan salam dua jari dan memenangkan Mantra-Kerta sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bali pada pilgub mendatang," ujar penglingsir Puri Ageng Tabanan Ida Tjokorde Anglurah Tabanan.

 

3 dari 3 halaman

Warga Curhat

Dalam kesempatan tersebut, warga menyampaikan aspirasi menyangkut pertanian dan pendidikan di Tabanan. Warga setempat Rai Angling Jaya berharap agar Rai Mantra memperhatikan nasib petani.

"Kalau bisa petani mendapat subsidi apakah benih, pupuk, atau lainnya, agar mampu bersaing dengan sektor-sektor lain," kata Jaya.

Tokoh masyarakat I Wayan Sueca menyampaikan aspirasi di bidang pendidikan. Menurutnya, banyak siswa berprestasi di Tabanan tidak berkembang akibat kendala ekonomi.

"Tidak sedikit anak berprestasi di Tabanan terpaksa memupus harapan belajar ke jenjang perguruan tinggi akibat keterbatasan biaya. Jika Pak Rai terpilih, mohon prioritaskan hal-hal tersebut," tutur Sueca.

Aspirasi tersebut langsung ditanggapi Rai Mantra. Dia menyebut, sebagai lumbung padinya Bali, kesejahteraan petani Tabanan harus diprioritaskan.

"Untuk semua hal, terlebih pertanian, kebijakan hendaknya berorientasi pada kesejahteraan mayoritas warga," tegas Rai Mantra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.