Sukses

Langkah Ichsan Limpo Ajak Peternak Ayam Petelur di Sidrap Keluar dari Masalah

Cagub Sulsel, Ichsan Yasin Limpo Meyakini Rumah Produktif Solusi Mengatasi Masalah Yang Dihadapi Peternak Ayam Petelur di Sidrap

Liputan6.com, Sidrap Calon Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo terus menyisir daerah pelosok di Sulsel untuk mendapatkan suara terbanyak di laga Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) 2018.

Kali ini ia bertandang ke Kabupaten Sidrap yang tak hanya dikenal sebagai daerah lumbung padi, melainkan dikenal karena produksi telur ayam rasnya.

Beberapa peternak ayam petelur dijumpainya satu-satu sembari memperkenalkan program rumah produktif yang dinilainya dapat menjadi solusi menjawab masalah yang selama ini dihadapi para peternak ayam petelur di Kabupaten Sidrap. Salah satunya menyangkut produktifitas.

"Banyak masalah yang dihadapi para warga yang terjun dalam usaha ayam petelur di Kabupaten Sidrap. Salah satunya soal produktifitas," kata Cagub Sulsel, Ichsan Yasin Limpo, Selasa (17/4/2018).

Kata dia, tantangan yang sering dirasakan peternak ayam petelur, selain tingkat stres ayam petelurnya, pakan berkualitas hingga pengawasan pembuatan pakan juga kerap tak boleh terabaikan.

Ayam petelur, menurutnya, sangat sensitif dengan suara bising yang menimbulkan stres dan berujung pada penyakit yang menyerang ternak. Inilah yang kerap menjadi persoalan bagi para peternak ayam petelur.

"Sementara di Kabupaten Sidrap, Sulsel masih banyak kandang ayam petelur yang dibangun di pinggir jalan. Suara kendaraan sangat memungkinkan ayam bisa stres," terang Ichsan Yasin Limpo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Produktif Solusinya

Untuk mengatasi masalah yang dihadapi para peternak ayam petelur di Kabupaten Sidrap tersebut, kata Ichsan Yasin Limpo, solusinya adalah program rumah produktif yang sejak awal maju ke Pilgub Sulsel berpasangan dengan Andi Mudzakkar, Calon Wakil Gubernur Sulsel (Cawagub Sulsel) ia canangkan.

"Melalui program rumah produktif permasalahan para peternak bisa terjawab. Di rumah produktif bisa diakses informasi seputar peternakan," ujar Ichsan Yasin Limpo.

Ia berjanji setelah terpilih menjadi Gubernur Sulsel, permasalahan para peternak ayam petelur khususnya yang ada di Kabupaten Sidrap, Sulsel akan teratasi. Dimulai dari mengatasi penyakit, cara memilih pakan berkualitas hingga bagaimana meningkatkan produktifitas.

"Di rumah produktif akan diberikan pendampingan secara profesional dengan melibatkan para tenaga ahli di bidang masing-masing serta ditempatkan di setiap kecamatan," Ichsan Yasin Limpo menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.