Sukses

Jurus Jitu Dedi Mulyadi Selesaikan Kompleksitas Masalah di Jawa Barat

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi memiliki solusi atas kompleksitas masalah yang berkembang di Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi memiliki solusi atas kompleksitas masalah yang berkembang di Jawa Barat. Kompleksitas tersebut menurut dia tidak akan pernah selesai oleh sosok pemimpin yang hanya berdiam di belakang meja.

"Kita ini sering bicara tentang spirit perubahan, ide dan gagasan semua kita sampaikan, tapi di dalam hotel dan gedung pertemuan. Forum diskusinya dibuat banyak sekali, kapan mau selesainya?" kata Dedi, ditulis Kamis (12/4/2018).

Atas fenomena ini, menurut pasangan Deddy Mizwar itu, dibutuhkan distribusi kewenangan untuk menyelesaikan masalah secara cepat. Sehingga, setiap strata pemerintahan tidak saling menunggu untuk melakukan tindak lanjut atas masalah yang muncul.

Untuk melaksanakan orientasi ini, pria kelahiran Subang, Jawa Barat ini menekankan sinergitas wilayah dalam lingkup terkecil.

"Ada 5.962 desa di Jawa Barat. Waktu para pemangku kebijakan di tingkat provinsi tidak akan cukup. Maka, caranya harus ada distribusi otonomi keuangan sampai tingkat terendah, tidak boleh tersentral," ujarnya.

Dedi Mulyadi melanjutkan, jika pemimpin di daerah lebih menitikberatkan pada sentralisasi kekuasaan, maka efektivitas pembangunan tidak akan berjalan. Hal ini karena tidak terdapat pengelolaan pemerintahan yang berpihak pada kecepatan pelayanan.

"Kalau semakin tinggi kekuasaan dan semakin besar uang yang dikelola, itu malah tidak akan efektif. Ini soal pengelolaan pemerintah yang berorientasi kepada pelayanan, ujung tombaknya ada di unit pemerintahan terkecil," tuturnya.

Karena itu, calon wakil gubernur nomor urut 4 itu memiliki spektrum khusus dalam memahami Indonesia terutama Jawa Barat. Seluruh daerah harus diperlakukan berdasarkan karakter daerahnya. Selama ini, karakter tersebut masih terabaikan oleh berbagai pihak.

"Saya mengartikan bahwa adanya Indonesia salah satunya karena ada karakter Jawa Barat. Begitu pun adanya Jawa Barat karena ada karakter Ciamis, Cirebon, Subang, Karawang dan daerah lain. Kita membutuhkan penguatan-penguatan karakter masing-masing wilayah," Dedi Mulyadi memungkas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diamini Ridwan Kamil

Paparan panjang gagasan Dedi Mulyadi rupanya menarik perhatian calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil. Mantan Wali Kota Bandung tersebut mengaku sepakat dengan gagasan original milik Dedi Mulyadi.

Menurut dia, seluruh ide, gagasan dan program yang dipaparkan oleh Dedi Mulyadi adalah benar. Bahkan, diakui pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut, ide tersebut bisa diterapkan untuk kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

"Saya setuju dengan gagasan Kang Dedi. Kepemimpinan itu tidak boleh tersentral," ungkap Ridwal Kamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.