Sukses

Aksi Ijeck Merajut Jaring Nelayan di Belawan

Musa Rajekshah atau Ijeck berkampanye di Belawan.

Liputan6.com, Belawan - Musa Rajekshah atau Ijeck melakukan silaturahmi ke Belawan. Ia menyapa sejumlah warga di beberapa lokasi di utara Kota Medan tersebut.

Ijeck menyusuri lorong-lorong pemukiman masyarakat, yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Masyarakat yang mengetahui kedatangan Ijeck, sontak menyambut.

Di antaranya para nelayan. Ada satu kegiatan dari seorang nelayan yang menarik perhatiannya. Bang Ijeck pun langsung menghampirinya.

"Lagi ngapain Pak? Jaring untuk melaut ini ya Pak?" tanya Ijeck kepada pria yang mengenakan kopiah hitam itu, Rabu (11/4/2018).

Nelayan tersebut bernama Ruslan. Ketika itu, ia sedang memperbaiki jaringnya yang rusak. "Ini lah pak kerjaan kalau tidak melaut, memperbaiki jaring," ucapnya.

Melihat aktivitas dari Ruslan, Ijeck merasa tertarik untuk mencobanya. "Boleh saya bantu Pak?" tanya Ijeck.

Ruslan pun memberikan alat tersebut kepada Ijeck, kemudian memberitahu bagaimana cara kerjanya. Tak berselang lama, ia melihat Ijeck telah lihai merajut jaring tersebut.

"Wah sudah lancar ini Pak Ijeck, pasti banyak nanti ikannya ini, berarti tangan Pak Ijeck banyak berkahnya di sini," pungkasnya.

Bang Ijeck pun mengamini. "Amin..," kata Ijeck beserta warga di sana.

Kepada masyarakat, Ijeck menegaskan salah satu visi-misi prioritas Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah yakni kemandirian nelayan. "Nelayan kita harus bermartabat di laut dalam negeri sendiri. Pemerintah harus proaktif menjaga laut dan nelayan tradisional kita dari pencurian ikan oleh kapal asing," kata Ijeck.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Alat Tangkap

Kemudian, Ijeck menyinggung soal bantuan alat tangkap nelayan tradisional di Sumut.

"Masih banyak yang mengeluhkan soal alat tangkap, pukat trawl dan berkurangnya hasil tangkap karena berbagai hal. Persoalan ini tentu harus ada perhatian serius pemerintah," kata Ijeck.

Disinggung soal kesejahteraan nelayan, Ijeck menggarisbawahi pentingnya penataan ekonomi nelayan.

"Dimulai dari jaminan kesehatan dan pendidikan keluarga nelayan sampai kepada pembentukan balai latihan kerja (BLK) bagi anak-anak nelayan. BLK ini penting karena banyak anak-anak nelayan yang berprestasi di bidang lain tapi kurang diakomodir untuk berkembang," kata Ijeck.

Di sisi lain, Ijeck berujar bahwa nelayan harus menjadi profesi yang mandiri dan bermartabat tanpa harus terus bergantung kepada tengkulak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.