Sukses

Berkalung Serban, Gus Ipul Dapat Dukungan Pesantren di Bangkalan

Ribuan santri pesantren putra dan putri Syaichona Kholil Bangkalan kompak memberikan dukungan pada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Liputan6.com, Bangkalan - Ribuan santri pesantren putra dan putri Syaichona Kholil Bangkalan, Jawa Timur, kompak memberikan dukungan bagi pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Dukungan ini mereka simbolkan dengan memberikan serban khusus kepada Gus Ipul yang datang ke pesantren di dekat Alun-alun Bangkalan pada Minggu, 1 April 2018 lalu.

"Ini simbol dukungan dari kami, pesantren putra sekaligus pesantren putri kepada Gus Ipul," ujar pengasuh pesantren putra Syaichona Kholil, RKH Fahrillah Aschal.

Kemudian, RKH Fahrillah mengalungkan serban kepada Gus Ipul bersama Nyai Mutmainnah. Nyai Mutmainnah merupakan Ketua Muslimat NU Bangkalan sekaligus pengasuh pesantren putri Syaichona Kholil.

Pemberian serban ini dilakukan di hadapan ribuan santri putra dan putri serta alumni pesantren Syaichona Kholil.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gus Ipul Bagian dari Pesantren

Menurut RKH Fahrillah, Gus Ipul adalah bagian dari Pesantren Syaichona Kholil. Karena, kata dia, dulu kakek Gus Ipul, KH Bisri Syamsuri, pernah mondok di pesantren ini.

"Jumhur (mayoritas) ulama juga menginginkan Gus Ipul, sehingga pesantren ini memang wajib mendukung Gus Ipul," ucap RKH Fahrillah.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul menceritakan bahwa para kiai dan ulama sejatinya selalu tersambung.

"Kalau tidak masih satu nasab persaudaraan, minimal tersambung nasab keilmuannya," kata Gus Ipul.

Dukungan dari para kiai dan mayoritas pesantren ini dianggap Gus Ipul merupakan bukti ketersambungan ini.

"Saya berterima kasih dan bangga karena kepercayaan para kiai dan ulama," jelas Gus Ipul.

Kedatangan Gus Ipul ke Pesantren Syaichona Kholil kali ini sekaligus untuk menghadiri Musyawarah Besar Pertama para alumni pesantren Syaichona Kholil. Ribuan alumni dan santri dari berbagai daerah hadir dalam pertemuan kali ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.