Sukses

TB Hasanuddin Janji Akan Dukung Pengrajin Kreatif di Jabar

Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin akan mendukung berbagai lapisan masyarakat yang mempunyai kreativitas dalam mengelola sampah menjadi bermanfaat seperti pengrajin briket.

Liputan6.com, Bandung - Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin mengatakan, untuk mengelola sampah menjadi hal yang bermanfaat dan mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi masyarakat Jawa Barat itu perlu dilakukan inovasi.

Menurutnya, hal tersebut bisa dilakukan dengan pelatihan dan pembinaan dalam mengelola sampah. Salah satunya, kata TB Hasanuddin, melalui program Turkamling yang akan digulirkan bersama pasangannya Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Anton Charliyan.

Pasangan berjargon Hasanah ini, dinilai akan mendukung berbagai lapisan masyarakat yang mempunyai kreativitas dalam mengelola sampah menjadi bermanfaat seperti pengrajin briket.

"Pengrajin briket ini adalah contoh bahwa sampah bisa jadi duit, dan dijadikan barang yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis," ujar TB Hasanuddin dalam keterangan tertulisnya, Senin 3 April 2018.

Rencana ini diungkapkan TB Hasanuddin ketika bertemu Pengrajin Briket di Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dia menyebut, para inovator seperti pengrajin briket akan dirangkul dan diajak untuk berbagi wawasan dan pengalamannya kepada masyarakat Jawa Barat secara luas.

"Selain bisa mengatasi permasalah sampah, pengrajin briket juga mampu membuka lapangan kerja dan menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar. Pengrajin seperti ini perlu kita apresiasi dan harus terus dikembangkan, ini adalah solusi penumpukan sampah di perkotaan," tegas TB Hasanuddin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Dapat Pembinaan

Sementara itu, salah seorang pengrajin briket Ujang Solihin mengungkapkan rasa bahagianya dikunjungi calon pemimpin Jawa Barat yang memiliki kepedulian terhadap masalah lingkungan dan merakyat.

Ujang yang juga Purnawirawan TNI itu pun menjelaskan bagaimana proses briket dibuat hingga bisa digunakan sebagai bahan bakar.

Kepada TB Hasanuddin, Ujang berharap agar para pengrajin seperti dirinya dapat terus mendapatkan pembinaan. Sehingga, mampu memberikan maanfaat yang lebih besar kepada masyarakat.

"Kedatangan beliau ke tempat pengrajin briket ini menunjukan kepedulian beliau terhadap masyarakat kecil, dan apa yang beliau sampai semoga terelaisasi dengan baik, kami ini ingin selalu dibina dan dibimbing," tutur Ujang.

Dalam kesempatan tersebut, TB Hasanuddin sempat meninjau berbagai proses pembuatan briket. Dia juga menyapa para Ibu yang bekerja ditempat tersebut. Sebelumnya, ia juga menyapa warga dan kader PDI Perjuangan Kabupaten Ciamis.

Briket sendiri merupakan sebuah blok bahan yang dapat dibakar yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.