Sukses

Janji Manis Mantan Wagub Sulsel Bikin Jalan Pintas ke Toraja

Jika Terpilih Jadi Gubernur Sulsel 2018-2023, Cagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang Ingin Bangun Jalan Pintas ke Kabupaten Toraja

Liputan6.com, Makassar Dua periode menjabat Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Numang terbilang berhasil membawa Sulsel sebagai salah satu provinsi terbaik di Indonesia. Masyarakat di daerah pun bisa menikmati hasil kerjanya selama 10 tahun itu.

Salah satu kerjanya yang dinilai nyata dapat dirasakan oleh warga Kabupaten Pinrang. Dimana ia membuat jalan tembus dari Kabupaten Pinrang ke Kabupaten Enrekang.Sehingga warga Kabupaten Pinrang yang hendak ke Kabupaten Enrekang saat ini tak menempuh lagi jarak yang jauh atau sebelumnya harus berjalan memutar lewat daerah Rappang, Kabupaten Sidrap.

"Insya Allah kalau saya diberi amanah menjadi Gubernur Sulsel 2018 maka saya akan buat kembali jalan tembus ke Kabupaten Toraja," ujar Agus Arifin Numang saat sosialisasi di Desa Bungi, Kecamatan Duampanua, Pinrang, Sulsel, Selasa (3/4/2018).

Jalan Tembus yang direncanakannya, bukan hanya untuk mempermudah akses warga yang ingin ke daerah yang cukup dikenal karena potensi wisatanya tersebut. Melainkan juga untuk memudahkan akses mobilisasi hasil bumi antara kabupaten yang bertetangga itu.

"Saya sudah pernah lalui jalannya. Sekitar 30 Kilometer (Km) saja sudah sampai ke Kabupaten Toraja," kata Cagub Sulsel, Agus Arifin Numang yang berpasangan dengan Cawagub Sulsel, Ahmad Tanribali Lamo di Pilgub Sulsel 2018 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian Dari 9 Program Fokus Tuntas Sulsel Bagus

Rencana pembangunan jalan tembus dari Kabupaten Pinrang ke Kabupaten Toraja tersebut, diakui Agus Arifin Numang, merupakan bagian dari sembilan program fokus tuntas Sulsel Bagus yang telah ia rancang bersama pasangannya sejak awal maju di Pilgub Sulsel 2018.

Salah satunya, kata dia, membangun 500 Kilometer (Km) jalan strategis provinsi. Diantaranya jalur pintas Kabupaten Pinrang ke Kabupaten Toraja.

"Program fokus tuntas adalah turunan dari landasan kebijakan pembangunan kawasan Labuba Malabo Agus-Tanribali," ungkapnya.

Labuba Malabo merujuk pada tiga kawasan pegunungan Sulsel yakni Latimojong, ‎Bulusaraung dan pegunungan Bawakaraeng. Kemudian lanjut ke dua kawasan pesisir dan pulau-pulau, yakni Selat Makassar, Laut Flores dan Teluk Bone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.