Sukses

Khofifah: Pedagang Pasar Tradisional Butuh Gudang

Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa kampanye dengan blusukan di Pasar Induk Mojoagung Jombang, Kamis, 29 Maret 2018.

Liputan6.com, Jombang - Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa kampanye dengan blusukan di Pasar Induk Mojoagung, Jombang, pada Kamis, 29 Maret 2018. Di tempat ini, Khofifah melihat kondisi pasar serta memantau harga komoditas.

Setelah hampir satu jam blusukan, mantan Menteri Sosial itu menegaskan pasar tradisional membutuhkan gudang (warehouse) untuk menjaga stabilitas harga serta melindungi pedagang.

"Saya berharap sebetulnya di setiap pasar tradisional ada gudang. Ini akan menjadi salah satu solusi efektif,” ucapnya.

Dengan demikian, kata Khofifah, pedagang bisa memotong rantai distribusi yang memakan biaya tinggi serta mendapatkan kualitas barang bagus dengan harga standar. "Mereka juga bisa mengakses lebih cepat dan mudah, serta memudahkan juga untuk pembeli," jelasnya.

Proteksi untuk pedagang di pasar tradisional ini penting karena selama ini kenaikan harga lebih banyak dinikmati para pedagang besar.

"Nanti dengan adanya gudang, pedagang-pedagang di pasar tradisional terutama sembako bisa terbantu," kata Khofifah.

Kehadiran Khofifah yang mengenakan kemeja khas putih dengan paduan warna kerudung senada serta paduan celana hitam, menjadi magnet bagi pengunjung di Pasar Induk Mojoagung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berebut Foto

Suasana tampak riang dengan iringan lagu "Wis Wayahe!" yang diiringi alunan musik akustik dari pemusik jalanan yang selama ini selalu menemani blusukan Khofifah.

Pedagang yang berdiri jauh, seketika menyemut mendekati tempat Khofifah berdiri untuk memeluk, bersalaman dan berswafoto mengabadikan momen.

Sambil melayani permintaan pengunjung, Khofifah menyusuri lorong-lorong pasar mulai dari blok pedagang baju, penjual kue, pedagang sayur hingga pedagang lainnya. Khofifah pun berdialog bersama pedagang pasar serta membeli sejumlah barang dagangan.

"Alhamdulillah senang sekali, kedatangan Ibu Khofifah bisa membuat lebih akrab sama masyarakat di sini," tutur Leli (26), pedagang pakaian asal Jombang usai menyalami dan memeluk hangat Khofifah.

Selain itu, dia berharap dan mendoakan pasangan Khofifah-Emil Dardak memenangi Pilgub Jatim 2018.

"Pasti nyoblos pasangan nomor urut satu," pungkas Leli mantap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.