Sukses

Dedi Mulyadi Siap Hasilkan Juragan Empang di Jabar

Bertemu para buruh ternak ikan, Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi paparkan program 'Juragan Empang'.

Liputan6.com, Indramayu - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi memiliki program 'Juragan Empang' jika terpilih dalam Pilgub Jabar 2018. Program ini dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan masyarakat di bidang peternakan lele dan gurame.

Dedi memaparkan 'Juragan Empang' saat bertemu dengan para buruh ternak ikan di Desa Santing, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin 26 Maret 2018.

"Kita bisa menciptakan 10 juta peternak baru. Modal usahanya kan hanya sekali kita berikan. Asalkan, mereka harus bisa mengelola produksi dan marketing-nya. Mereka bisa tumbuh menjadi peternak mandiri tanpa bergantung pada orang lain," ujar Dedi.

Cara ini diyakini Dedi Mulyadi dapat mengubah tukang menjadi tuan. Berkaca pada keberhasilannya saat menjadi Bupati Purwakarta, dia banyak mencetak buruh ternak domba menjadi pemilik domba.

"Caranya, buruh ternak tersebut diberikan bantuan modal berupa ternak domba agar dapat dikembangbiakan. Hasilnya, buruh ternak yang rata-rata masih usia sekolah tersebut kini memiliki ternak sendiri," ucapnya.

Bahkan, diakui Dedi, populasi domba di Purwakarta melebihi jumlah penduduknya.

"Jumlah domba ada 1 Juta ekor, sementara penduduknya 960 ribu orang saja. Saya kok optimis ya, bisa melakukan hal yang sama di tingkat Jawa Barat, dalam konteks swasembada ternak," jelas Dedi Mulyadi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghasilan Buruh Ternak Ikan Minim

Sementara itu, salah seorang buruh ternak ikan bernama Triyono bercerita, penghasilannya sebagai buruh ternak ikan di desa tersebut tidak seberapa, kecuali saat panen lele atau gurame berlangsung.

"Kalau sedang musim tebar sekarang, paling dapat Rp30 ribu sehari. Itupun kan harus dibagi 10 orang teman-teman di sini. Beda lagi kalau lele atau guramenya dipanen, sehari bisa Rp50 ribu – Rp70 ribu per orang," kata Triyono.

Dia menyebut, buruh ternak ikan di Desa Santing bukan tidak ingin berdikari. Menurutnya, pengetahuan dan hal teknis untuk berternak ikan lele dan gurame sudah mereka miliki. Akan tetapi, akses permodalan masih menjadi masalah bagi mereka untuk memulai usaha.

"Tata cara beternaknya kan kita sudah tahu. Ini kita kerja buat juragan di sini. Kami mau sekali kalau ada modal untuk memulai usaha sendiri," tegas Triyono.

Keluhan tersebut ternyata menginspirasi Dedi Mulyadi untuk membuka akses permodalan bagi buruh ternak seperti Triyono. Program 'Juragan Empang pun disebut Dedi bisa dilakukan bersama pasangannya Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.