Sukses

Deddy Mizwar Dapat Pin Penghargaan dari Pencak Silat Gajah Putih

Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar diberikan pin penghargaan dan didukung oleh Perguruan Pencak Silat Gajah Putih.

Liputan6.com, Garut - Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mendapat dukungan dari Paguron atau Perguruan Pencak Silat Gajah Putih saat berkampanye di Garut, Jawa Barat. Deddy pun mendapatkan pin penghargaan dari Guru Besar Paguron Gajah Putih Abah Ujer dengan didampingi oleh pengurus DPP Paguron Gajah Putih di Padepokan Gajah Putih, Sabtu 24 Maret 2018 malam.

Tak hanya itu, pasangan dari Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi ini juga diberikan penghormatan sebagai tokoh yang meletakan batu pertama pembangunan padepokan Paguron Gajah Putih.

Deddy Mizwar bahkan didukung penuh oleh Gajah Putih untuk pemenangannya di Pilgub Jabar 2018 ini.

"Saya tidak menyangka bisa mendapatkan penghormatan seperti ini. Ini lah buah silaturahim, selain memanjangkan umur, juga membuka pintu rejeki," ujar Deddy.

Dia mengaku sangat mengagumi Keluarga Besar Gajah Putih. Terlebih, kata Deddy, selama ini Gajah Putih bisa melestarikan seni dan nilai-nilai budaya, bahkan mereka bisa berkembang dalam kemandirian.

"Gajah putih ini betul-betul mandiri, ini yang perlu kita hargai, mereka memiliki identitas budaya dan organisasi yang baik. Ini bagaimana melestarikan menjaga budaya yang tumbuh dari masyarakat dan dikembangkan oleh masyarakat," paparnya.

Deddy juga memuji organisasi ini bisa berdiri mandiri meski tidak ada bantuan apapun dari pemerintah.

"Inilah yang disebut kemandirian karena tumbuh dari masyarakat, dikembangkan masyarakat, untuk masyatrakat oleh masyarakat, ini perlu diapresiasi," tegas Deddy Mizwar.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Berikan Pin dan Dukung Deddy-Dedi

Ketua Umum DPP Paguron Gajah Putih Asep Imron mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi silaturahmi yang dilakukan oleh Deddy selaku Cagub Jabar. Terlebih menurutnya, selama ini jarang ada tokoh yang berlatar belakang pemerintah datang ke padepokan.

Asep mengaku dirinya mengagumi karakter Deddy yang sangat bijaksana. Sehingga, kata dia, ini menjadi alasan keluarga besar Paguron Gajah Putih memberikan pin penghormatan kepadanya.

"Pin itu sebagai simbol penghormatan keluarga besar Gajah Putih kepada Deddy Mizwar. Ini merupakan sesuatu yang sangat langka dilakukan," kata Asep.

Gajah Putih merupakan perguruan pencak silat yang jumlah anggotanya mencapai hingga 860.000 tersebar di Jawa Barat dan Indonesia. Selama ini Paguron Pencak Silat Gajah Putih berkembang secara mandiri tanpa campur tangan pemerintah.

"Oleh karena itulah kami merasa bangga sama Deddy Mizwar dan kami siap mendukung Deddy Mizwar untuk pemenangan di Pilgub Jabar," jelas Asep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.