Sukses

Wayan Koster Salut Pabrik Wig di Bangli Bisa Ekspor Rambut Palsu

Calon Gubernur Bali nomor urut 1 Wayan Koster menyatakan rasa salut dan bangga dengan PT Sari Rambut Wig Production yang memproduksi rambut palsu (wig).

Liputan6.com, Denpasar - Calon Gubernur Bali nomor urut 1 Wayan Koster menyatakan rasa salut dan bangga dengan PT Sari Rambut Wig Production yang memproduksi rambut palsu (wig). Pabrik itu berlokasi di daerah pedesaan di Kabupaten Bangli, namun telah ekspor.

"Lokasi pabriknya bagus, artinya, pemerataan perekonomian sampai tingkat desa bisa dilakukan dengan cara seperti ini. Apalagi menyerap tenaga kerja di desa-desa," kata Koster, di Denpasar.

Wayan Koster menyampaikan pernyataan itu, terkait hasil kunjungan sebelumnya ke pabrik di Banjar Dinas Abuan Kauh, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Selain memproduksi rambut palsu, pabrik itu juga memproduksi sejumlah seni rupa tiga dimensi dan memiliki studio syuting.

Koster yang berpasangan dengan Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) itu ingin mengembangkan industri berbasis budaya. Dia bahkan berjanji ikut membantu pemasaran produk-produk pabrik itu.

"Ini amat bagus dan perlu dikembangkan. Kami siap bantu pasarnya," ujarnya.

Cagub Bali inipun terpukau dengan lokasi pabrik yang berada di pedesaan. Menurutnya, pabrik yang banyak menyerap tenaga kerja ini patut didukung guna membuka dan memutus pengangguran di desa-desa.

Dia berharap hal itu dapat dilakukannya ketika memimpin Bali kelak yakni membuka pabrik di desa agar dapat memberdayakan tenaga kerja lokal. "Kami akan buat yang seperti ini. Bagus sekali konsepnya," ungkap Wayan Koster.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesanan Artis

Secara terpisah, Direktur PT Sari Rambut Wig Production Nengah Suasta mengatakan, perusahaan tempatnya bekerja juga memprosuksi tas yang diberi merk Tas Merah yang juga dipasarkan di luar negeri.

"Kami juga sering mendapat pesanan wig dan tas artis-artis ternama luar negeri," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Senin (26/3/2018).

Selain itu, seni patung tiga dimensi yang diproduksi di pabrik ini juga sering dipesan untuk syuting film horor Hollywood. "Sering dipesan untuk syuting film bergenre horor. Tasnya juga banyak dipesan artis. Untuk bahan-bahan sementara ini kami impor dari Hong Kong. Proses desain dan pembuataannya di sini, lalu diekspor ke luar negeri," ungkapnya.

Tak hanya proses produksi bahan baku, di tempat tersebut juga tersedia studio syuting untuk film bergenre horor bagi rumah produksi yang mau menggunakannya. Bahkan, beberapa film horor Hollywood pernah melakukan syuting di lokasi tersebut.

Peserta Pilkada Bali 2018 adalah pasangan nomor urut 1 Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace). Pasangan itu diusulkan oleh empat parpol peraih kursi di DPRD Bali, yakni PDIP, Hanura, PAN, dan serta PKPI. Pasangan tersebut juga didukung PKB dan PPP.

Pesaingnya adalah pasangan nomor urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) diusulkan oleh empat partai peraih kursi di DPRD Bali, yakni Golkar, Gerindra, Demokrat, dan Nasdem. Mereka juga didukung oleh PKS, PBB, dan Perindo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini