Sukses

Cara Ridwan Kamil Kembangkan Wisata Waduk Darma Kuningan

Waduk Darma adalah salah satu objek wisata di Kabupaten Kuningan yang masih banyak dikunjungi wisatawan hingga saat ini.

Liputan6.com, Kuningan - Tidak hanya di Kabupaten Majalengka, calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengaku terkesima dengan keindahan alam Waduk Darma Desa Jagara Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Pria yang akrab disapa Emil itu berencana mengembangkan kawasan wisata Waduk Darma dengan membangun berbagai fasilitas bagi para pelancong.

Bahkan, rencana tersebut dituangkan Emil dalam sebuah sketsa ketika mengunjungi waduk Darma. "Kalau ada ide yang melintas, saya rekam dalam bentuk sketsa," kata Emil, Minggu (25/3/2018).

Emil mengaku memiliki beberapa gagasan dalam mengembangkan Waduk Darma Kuningan. Yakni membangun alun-alun kecil di pulau kecil di tengah waduk.

Emil juga mengatakan akan membangun landmark, menara, dan restoran di tengah air. Menurut dia, waduk seluas 425 hektare dikelilingi bukit dan lembah itu bisa menjadi destinasi wisata andalan di Kabupaten Kuningan.

Apalagi, lokasi tersebut bisa ditempuh hanya dalam tempo satu jam dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Majalengka. Pulau di tengah air itu, harus dimanfaatkan untuk mengundang wisatawan datang ke Kabupaten Kuningan .

“Tinggal dipoles, dikembangkan dengan wahana, dan event-event internasional, serta penataan arsitektur yang baik. Saya yakin ini bisa jadi kebanggaan Jabar,” kata dia.

Selama berkunjung ke waduk itu, Emil juga menyapa warga yang sedang berwisata. Tidak sedikit warga berebut mengajak Emil berfoto bersama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

150 Ribu Wisatawan per Tahun

Di Waduk Darma, Emil mendapat kesempatan keliling menggunakan perahu motor mengitari waduk yang airnya berasal dari mata air Cihanyir dan hulu sungai Cisanggarung itu. Emil mengaku melihat-lihat keramba dan berbincang-bincang dengan petani keramba.

Terpisah Kepala Pengelola Waduk Darma, Adam Firdaus mengakui pengembangan waduk sebagai destinasi wisata belum maksimal. Padahal area waduk yang memiliki pemandangan yang indah jumlah pengunjung setiap mencapai 150 ribu orang per tahun.

Saat ini, kata dia, destinasi kebanggaan warga Kabupaten Kuningan memiliki fasilitas camping ground, outbond, vila pemondokan, kedai makan, fasilitas bermain, kereta motor, kolam renang, perahu wisata, dan panggung serbaguna.

"Ini adalah gerbang ke Kuningan bagian selatan apalagi setelah BIJB dibuka, wajah Kuningan di Bagian selatan ada di Waduk Darma," ujar dia. Menurut dia, Waduk Darma harus ditata dan dikelola dengan lebih baik lagi. Dia berharap sebagai Emil dapat mewujudkan ide-ide cemerlang membangun destinasi wisata tersebut.

“Apalagi ide-ide cemerlang yang tadi diungkapkan Kang Emil semoga bisa terealisasi seiring dengan terealisasinya Beliau menjadi Gubernur Jabar,” kata dia. 

Saksikan vidio pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.