Sukses

Cagub Sumsel Herman Setuju Pemekaran Kabupaten Lahat Terwujud

Sebagian warga Kabupaten Lahat meminta Cagub Sumsel Herman Deru menyetujui wacana pemekaran daerah.

Liputan6.com, Palembang - Wacana pemekaran Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) yang digagas tokoh masyarakat Basemah, mendapat respons positif dari Calon Gubernur (Cagub) Sumsel Herman Deru.

Pemekaran Kabupaten Lahat menjadi Kabupaten Basemah yang disetujui Cagub Sumsel nomor urut 1 ini, karena melihat potensi peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan tersebut.

“Gagasan itu sangat bagus dan harus didukung banyak pihak. Saya pribadi siap berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat Besemah, untuk membahas rencana pembentukan Kabupaten Besemah,’’ ujarnya kepada Liputan6.com, Minggu (25/3/2018).

Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Lahat didukung dari segi geografis dan sejarahnya. Terlebih dengan adanya kabupaten baru, masyarakat Lahat di kawasan Basemah, lebih mudah mengembangkan perekonomiannya.

Seperti Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur yang sudah dipimpinnya selama dua periode. Kawasan pemekaran dari Kabupaten OKU tersebut, dapat berkembang pesat dan memaksimalkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah.

“Di Kabupaten OKU Timur dan Ogan Ilir itu kan hasil pemekaran semua, kawasan itu bisa maju sampai sekarang," katanya.

Terlebih, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Mawardi Yahya juga pernah memimpin Kabupaten OI, mereka mengklaim punya pengalaman memajukan kawasan pemekaran, terutama pemekaran Kabupaten Lahat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keinginan Warga

Basarudin, tokoh masyarakat Tanjung Sakti Kabupaten Lahat mengatakan, masyarakat di Kecamatan Pasmah Ulu Manna Ilir (PUMI) dan Pasmah Ulu Manna Ulu (PUMU), sudah lama mengharapkan dibentuknya Kabupaten Besemah.

“Warga di dua kecamatan yang masuk kawasan Tanjung Sakti, sudah lama ingin membentuk kabupaten baru. Kita perlu dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel untuk mewujudkannya,” ungkapnya.

Burman, tokoh masyarakat Desa Rambai Kaca, Kecamatan Sukamerindu Kabupaten Lahat juga mengatakan hal demikian. Warga di kawasan Jarai Area, Tanjung Sakti dan Kota Agung turut menantikan pemekaran kawasan tersebut.

Jika Kabupaten Besemah terwujud menjadi DOB, kawasan ini akan mempunyai sembilan kecamatan, yaitu Kecamatan Jarai, Sukamerindu, Pajar Bulan, Muara Payang, Tanjung Sakti PUMI, Tanjung Sakti PUMI, Kota Agung, Tanjung Tebat dan Mulak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini