Sukses

Sandi dan Sudirman Said Batal Minum Dawet Telasih Langganan Jokowi

Wakil Gubernur DKI Jakarta blusukan di Pasar Gede Solo untuk sosialisasikan pasangan calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Sadi-Ida Fauziah.

Liputan6.com, Solo Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, batal berkencan dengan calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said, di Pasar Gede, Solo, Minggu, 25 Maret 2018. Kedua tokoh itu awalnya berencana minum dawet telasih Bu Dermi yang merupakan dawet langganan Jokowi.

Sandiaga Uno tiba di bangunan pasar yang dirancang Thomas Karsten pada 1930 itu sekitar pukul 11.00 WIB. Dia didampingi sejumlah tim sukses calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut 2, Sudirman Said - Ida Fauziah.

Sandiaga Uno yang mengenakan kemeja putih langsung masuk ke pasar dan menyalami para pedagang serta pengunjung.

Ia pun tampak ramah melayani permintaan foto bareng atau selfie dengan para pedagang dan masyarakat yang sedang berbelanja di pasar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sandiaga Uno Bikin Heboh Pasar Gede

Kehadiran mantan Ketua Umum HIPMI di Pasar Gede Harjonagoro itu langsung membuat heboh suasana pasar. Para pedagang saling bersahutan memanggil nama Sandiaga supaya melintasi depan lapak jualannya.

Setelah puas berkeliling pasar, Sandiaga Uno pun mampir di penjual dawet telasih Bu Dermi yang terletak di dekat pintu masuk sebelah utara. Setelah duduk, ia pun memesan semangkuk dawet telasih.

"Dawetnya telasih ya, Bu," kata dia memesan kepada penjual dawet telasih Bu Dermi, Ruth Subekti.

3 dari 5 halaman

Incipi Dawet Telasih Bu Dermi

Kemudian, satu mangkuk dawet yang berisi biji telasih, jenang sumsum, ketan hitam, dan santan itu terjadi di depan meja Sandiaga Uno. Dengan cekatan, ia pun langsung mencicipi sajian dawet tersebut.

"Rasanya enak banget. Manisnya pas. Ini saya baru sekali ini ngerasain dawet telasih Bu Dermi. Oke oce banget," kata dia menyanjung rasa dawet telasih tersebut.

Menurut Sandiaga, rencananya dia akan bertemu dengan calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said di tempat penjual dawet telasih itu. Hanya saja, mantan Menteri ESDM itu berhalangan hadir, sehingga rencana untuk minum dawet bersama pun batal.

"Saya janjian di sini, di dawet telasih Bu Dermi dengan Pak Dirman, tapi Beliau mendadak tidak bisa hadir. Ya sudah, daripada di-reschedule, saya yang datang ke sini untuk ngerasain dawet telasih ini yang katanya oke-oce banget," ucapnya sumringah.

Selama duduk sambil minum dawet telasih, Sandiaga terlihat mengobrol dengan sang penjual, Ruth Subekti. Bahkan, ia juga menyinggung soal jumlah dawet yang terjual setiap harinya.

"Ini lo setiap hari bisa habis 250 mangkuk dawet telasih," sebutnya.

4 dari 5 halaman

Sandiaga Uno Borong Tempe

Selain penasaran dengan dawet tersebut, kedatangan Sandiaga Uno juga untuk ikut mensosialisasikan pasangan calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziah kepada masyarakat Solo.

 "Walaupun tanpa Pak Dirman, tujuan kita datang ke pasar ini untuk membantu sosialisasikan Pak Dirman dan Bu Ida," tuturnya. 

Selain membeli dawet, dalam kunjungannya ke pusat pasar tradisional itu, Sandiaga juga memborong tempe kedelai. Ia membeli sebanyak 20 bungkus tempe kedelai. "Ini saya beli tempe Rp 10.000, ya Bu," katanya.

5 dari 5 halaman

Dawet Telasih Langganan Jokowi

Sementara itu, penjual dawet telasih Bu Dermi, Ruth Subekti, mengatakan sejumlah tokoh, pejabat hingga artis penah mencicipi dawet telasihnya. Bahkan, saat Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo juga sering membeli dawet telasih.

"Dulu waktu Pak Jokowi masih di Solo sering beli. Terus kalau menteri yang pernah beli dawet ini, ada Bu Susi Pudjiastuti, Menteri Perdagangan dan lainnya," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini