Temui Pengusaha, Taj Yasin Janjikan Birokrasi Perizinan yang Singkat

Oleh Jennar Kiansantang pada 25 Mar 2018, 14:36 WIB
Diperbarui 27 Mar 2018, 14:13 WIB
Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, bertemu pengusaha Rembang (Tim Media Taj Yasin)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin mengatakan, akan memprioritaskan penataan izin pertambangan terkait pajak industri dan gamping bila terpilih di Pilkada Jawa Tengah.

"Pada 2018 ada penataan yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya," ujarnya dalam acara Silaturrahim Cawagub Jateng Taj Yasin bersama Pengusaha Rembang, Kabupaten Rembang, Minggu (25/3/2018). 

Dalam pertemuan itu, Taj Yasin mendapat keluhan dari pengusaha. H Mundzirin, salah seorang pengusaha, mengaku proses perizinan selama ini membutuhkan waktu lama.

Ujung-ujungnya, menurut dia, produktivitas terganggu. "Kalau untuk perizinan tambang yang kami alami itu di kabupaten, bukan di Provinsi Jawa Tengah," katanya.

Ia berharap proses pengurusan izin bisa dipercepat. "Pengusaha membutuhkan kepastian," tegasnya.

Taj Yasin berjanji ke depan izin pertambangan di Jawa Tengah akan memudahkan pengusaha. Namun, di sisi lain, kelestarian lingkungan tetap akan dijaga.

Penataan ini diperlukan karena dalam beberapa waktu terakhir, sejumlah izin mengalami perubahan kewenangan.

Taj Yasin juga mengajak para pengusaha, bersama pemerintah, memikirkan masyarakat. Menurut dia, pengusaha juga punya tanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat. Hal itu, kata dia, bisa dipenuhi program kemitraan CSR.

2 of 2

Diusung SPSI

Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jalan santai bersama SPSI (Dok. Tim Media Ganjar)
Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jalan santai bersama SPSI (Dok. Tim Media Ganjar)

Sebelumnya, Calon Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kembali mendapat suntikan suara potensial. Kali ini, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jawa Tengah menyatakan dukungannya.

Organisasi buruh dengan sekitar 500 ribu anggota ini berharap Ganjar-Taj Yasin bisa semakin menyejahterakan pekerja. Ketua KSPSI, Suhartoyo, menilai banyak kebijakan positif yang dilakukan Ganjar di periode pertama kepemimpinannya.

"Kontribusi terhadap pekerja sudah terasa, ini terlihat saat respon dalam implementasi PP 78," jelasnya dalam acara jalan santai peringatan HUT Ke-45 KSPSI di Pantai Kartini Jepara, Minggu (18/3/2018).

Jalan sehat ini diikuti sekitar 5.000 pekerja. Mereka berasal dari Jepara dan perwakilan dari beberapa daerah di Jateng.

Ganjar membuka kegiatan itu, sekaligus ikut berjalan kaki selama kurang lebih tiga kilometer. Usai menuntaskan rute jalan santai, Ganjar berbaur dengan buruh berjoget Kewer-Kewer.

Suhartoyo berpendapat, hubungan pemerintah dengan pekerja sangat harmonis. Dia berharap agar dalam periode kedua kepemimpinan Ganjar, visi-misi pekerja bisa masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD).

Ia juga mengharapkan optimalisasi Balai Latihan Kerja (BLK) sesuai strata pendidikan pekerja, peningkatan produktivitas pekerja, serta perlindungan terhadap pekerja.

Suhartoyo mengungkapkan 500 ribu anggotanya akan satu komando bergerak memenangkan Ganjar-Yasin dalam Pilgub Jateng. "Ganjar sudah banyak berbuat untuk buruh di Jateng. Kebijakan dan kerjanya sudah propekerja, ini positif," terangnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by