Sukses

Survei PolMark: Gus Ipul Unggul di Pilkada Jawa Timur

Selisih suara antara Gus Ipul dan Khofifah dari survei PolMark sebesar 15,5 persen.

Liputan6.com, Jakarta - PolMark Indonesia mempublikasikan hasil survei terkait Pilkada Jawa Timur 2018. Hasilnya, pasangan nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno unggul jauh atas pasangan nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. Selisih angka antara kedua pasangan sebesar 15,5 persen.

"Hasil survei, Gus Ipul-Puti menang dengan 42,7 persen sedangkan pasangan Khofifah-Emil Dardak 27,2 persen," ujar Direktur Riset Polmark Indonesia Eko Bambang Subiantoro saat menggelar jumpa pers di Hotel Mercure, Surabaya, Rabu (14/3/2018).

Survei Polmark juga membedah alasan responden menentukan pilihannya. Responden pemilih pasangan Gus Ipul-Puti, 22,6 persen menyatakan faktor pengalaman mantan ketua Ansor jadi penyebabnya. Gus Ipul dua periode menjadi wakil gubernur mendampingi Soekarwo memimpin Jawa Timur.

Sementara 5,8 persen responden memilih Gus Ipul dan Puti karena mengidolakan mereka. Gus Ipul-Puti juga dipilih 5,8 responden yang ingin Jawa Timur berubah. Sedangkan 3,5 persen menyatakan Gus Ipul adalah santri yang dekat ulama.

Untuk pasangan Khofifah-Emil, responden tertinggi sebanyak 6 persen menyatakan alasan mereka memilih nomor satu adalah pasangan ini dianggap peduli dan merakyat.

Sebanyak 3,8 persen memilih mantan Menteri Sosial ini karena Khofifah adalah tokoh sentral di Muslimat NU. Sebanyak 3,7 persen responden memilih KIP karena dianggap berkinerja baik selama menjadi Menteri Sosial.

Survei ini dilakukan pada 6-11 Februari 2018 dengan populasi warga Jawa Timur yang memiliki hak pilih, 17 tahun ke atas dengan responden sebanyak 1.200 orang. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin error sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Untuk porsi jenis kelamin, laki-laki dan perempuan dibuat imbang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei Litbang Kompas

Sebelumnya Litbang Kompas juga merilis hasil survei soal Pilgub Jatim. Dalam survei tersebut, pasangan Khofifah-Emil Dardak unggul tipis atas Gus Ipul-Puti dengan selisih 0,5 persen dengan margin of error sebesar +- 3,46 persen.

Survei Litbang Kompas menyatakan, elektabilitas Khofifah-Emil 44,5 persen. Sementara pasangan Gus Ipul-Puti berada tipis di bawahnya dengan 44,0 persen. Dalam survei itu juga ada 11,5 persen yang belum menentukan pilihan. Survei itu juga mengukur pemilih loyal masing-masing pasangan. Sebanyak 53,1 persen pemilih Khofifah-Emil tidak akan berubah pilihan, 38,3 persen bisa berubah pilihan, dan 8,6 persen tidak menjawab atau rahasia.

Sementara, pemilih Gus Ipul-Puti 56,6 persen tidak akan berubah pikiran, 37,0 persen bisa berubah pilihan, dan 6,4 persen tidak menjawab atau rahasia.

Survei Litbang Kompas ini dilakukan pada 19 Februari hingga 4 Maret 2018. Jumlah responden yakni 800 orang. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan proporsional bertingkat dan diwawancara secara tatap muka. Margin of error sebesar +- 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Reporter: Fahmi Aziz

Sumber : Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.