Sukses

Sudrajat: Jabar Minimal Harus Punya 3 Rumah Sakit Rujukan

Saat ini Jabar hanya memiliki dua RS rujukan tingkat provinsi, yakni RS Hasan Sadikin (RSHS) di Kota Bandung dan RS Al Ihsan di Kabupaten Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Barat yang memiliki penduduk 47 juta jiwa baru memiliki dua rumah sakit rujukan untuk menampung seluruh pasien dari berbagai kabupaten kota di Jabar. Calon Gubernur Sudrajat mengatakan, dengan jumlah tersebut, seharusnya Jabar memiliki tiga rumah sakit rujukan.

Saat ini Jabar hanya memiliki dua RS rujukan tingkat provinsi, yakni RS Hasan Sadikin (RSHS) di Kota Bandung dan RS Al Ihsan di Kabupaten Bandung.

"Minimal harus ada tiga. Ke depan kita akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (membangun RS rujukan). Terlebih, potensi dokter dan tenaga medis di Jabar juga cukup besar," kata Sudrajat dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (12/3/2018).

Sudrajat menilai, dibandingkan dengan jumlah penduduk Jabar yang sangat besar itu, keberadaan dua RS rujukan tingkat provinsi sangat tidak layak. Karenanya, kata Sudrajat, kehadiran RS rujukan tingkat provinsi baru harus jadi perhatian khusus.

"Bayangkan saja, di Jabar dengan 47 juta penduduk, RS rujukannya hanya satu. Dibandingkan Jateng dan Jatim, di sana ada 3, saya kira itu harus jadi program pemerintah," ujar Sudrajat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.