Sukses

Janji Ridwan Kamil Revitalisasi Situ-Situ di Depok

Ridwan Kamil ingin mengembangkan situ-situ di Depok sebagai tempat wisata yang keren di Jawa Barat.

Liputan6.com, Depok - Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengungkapkan keinginannya untuk mengembangkan situ-situ di Kota Depok, Jawa Barat, jika ia terpilih dalam Pilkada Jawa Barat 2018. Ia ingin menjadikan puluhan situ di Depok sebagai tempat wisata yang keren.

"Saya sudah berdialog dengan tokoh masyarakat di sini (Depok) dan Insya Allah situ ini akan menjadi tempat yang keren seperti tempat-tempat di Bandung," ujar Kang Emil, sapaan akrabnya, saat berkunjung ke Situ Rawa Kalong, Depok, Jawa Barat, seperti yang tertulis dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Minggu (11/3/2018).

Menurut Kang Emil, Kota Depok memiliki 20 situ dan jika masyarakat bisa diajak untuk mengembangkan ekonomi lokal, maka dapat menjadi potensi besar di bidang pariwisata.

“Di Bandung saja, tembok yang digambarin jadi tempat selfie, apalagi situ sebagus ini kalau ditata lebih baik pasti banyak wisatawan datang ke Depok,” ujar Kang Emil.

Kang Emil yakin, jika situ-situ Depok ditata dengan baik dengan melibatkan pula kontibrusi masyarakat, maka salah satu program yang diusungnya, yakni meningkatkan pariwisata di tahun pertama akan tercapai. Namun ia menyayangkan Situ Rawa Kalong yang indah ternyata tidak terawat.

“Bahkan airnya tercemar limbah pabrik. Padahal kalau ditata dengan baik akan menjadi potensi wisata menarik di Depok,” ucap Emil.

Ia menuturkan, banyak potensi sumber daya alam dan manusia di Kota Depok belum tergarap dan dikembangkan secara baik. Salah satunya adalah danau atau situ yang ada di wilayah itu.

"Depok adalah kota yang paling banyak danaunya. Program yang paling nyata untuk dikembangkan adalah pariwisata. Depok punya banyak tempat keren tapi belum “dimasak” (dikembangkan) dengan baik,” kata Emil.

Ia menilai, potensi alam di Depok dapat dimanfaatkan menjadi sumber pariwisata kota. Ia mengingatkan, danau-danau tersebut tidak hanya menjadi sarana wisata warga tetapi memiliki beberapa fungsi sosial dan ekonomi lain.

“Jangan kira danau hanya urusan piknik. Di danau ada masjid, restoran, tempat riset. Jadi dapat dimanfaatkan secara maksimal,” kata dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimisme Ridwan Kamil

Pasangan Rindu, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, optimistis mengantongi suara terbanyak di Kota Depok, Jawa Barat.

"Saya yakin dapat 51 persen suara," ujar calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil, Jumat (9/3/2018).

Ridwan Kamil menyampaikan, jumlah pemilih di Kota Depok terbilang besar. Kurang lebih angkanya mencapai 1 juta pemilih. Oleh karena itu, Kang Emil mengatakan bakal kampanye maksimal guna mewujudkan itu.

Kedatangan Kang Emil sendiri ke Depok pada Jumat sore membuat gempar Stasiun Pasar Minggu. Kang Emil memanfaatkan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line dalam bersafari politik ke Kota Depok.

Kehadirannya sontak mengundang kerumunan massa. Satu-persatu penumpang meminta berfoto bersama.

Kang Emil menyapa dan berbincang-bincang mendengarkan keluhan pengguna kereta. Salah satunya Deddy, warga Bogor. Tak hanya itu, Kang Emil juga membagi-bagikan pin seraya memperkenalkan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.