Sukses

Ridwan Kamil Ziarahi Makam Sunan Gunung Jati, Ini Permintaan Juru Kunci

Ridwan Kamil menuturkan dia juga punya garis keturunan dengan Sunan Gunung Jati.

Liputan6.com, Jakarta - Kunjungan Kandidat Gubernur Jabar Ridwan Kamil ke makam Sunan Gunung Jati disambut pengunjung lain yang berziarah dan para juru kunci.

"Kalau sudah jadi, penuhi janji-janjinya. Jangan seperti pemimpin yang sudah-sudah yang sering melupakan janjinya. Tapi saya lihat Kang Emil orangnya baik dan Insyaallah adil," kata Tala, 63 tahun, juru kunci makam itu, di lokasi pemakaman Sunan Gunung Jati, Cirebon, Selasa 6 Maret 2018.

Kholil, juru kunci lainnya, mengungkapkan ada 125 orang pengelola makam. Mereka bertugas 15 orang setiap setengah bulan sekali. "Kami tak digaji, hanya dapat upah dari sedekah para peziarah," ujarnya.

Untuk pemeliharaan situs, kata Kholil, Kesultanan Cirebon, sering memberi bantuan. Dia berharap Ridwan Kamil dapat memperhatikan makam Sunan Gunung Jati kalau terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat nanti.

Menanggapi hal itu, Ridwan Kamil berkomitmen akan memberikan dukungan ke situs bersejarah ini jika kelak dia terpilih sebagai gubernur.

Menurut dia, jangan sekali- kali melupakan sejarah. Karena Makam Sunan Gunung Jati bagian dari sejarah bangsa, maka pemerintah wajib memeliharanya.

"Saya pribadi berkomitmen, sudah saatnya ada dukungan dari negara. Misalnya memberikan anggaran operasional tahunan untuk memastikan situs ini terpelihara dengan baik," ujar Ridwan Kamil.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Emil Keturunan Sunan Gunung Jati

Rupanya Kang Emil juga punya pertalian keluarga dengan Sunan Gunung Jati. Dia mengetahui hal itu saat usianya menginjak 45 tahun.

Dia menuturkan, Sunan Gunung Jati punya istri dari Banten Nyi Mas Kawung Banten. Punya anak Maulana Hasanuddin, Maulana punya anak Ratu Biru. Ratu Biru punya anak Syekh Rahmatullah, orang Banten yang menyebarkan agama ke Garut.

"Syekh Rahmatullah turun ke Kakek saya, KH Muhyidin, lalu ke ayah saya, kemudian saya. Ini perjumpaan pertama kepada sejarah hidup saya yang sekian persennya datang dari sini," ungkap Kang Emil.

Pada blusukan ke Cirebon hari ini, Kang Emil mengawalinya dengan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati, lalu berkunjung ke pasar Jagasatru, meresmikan rumah pemenangan, dan memenuhi undangan dari beberapa tokoh pesantren di Cirebon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.